Home / TTS

Buka Kegiatan Paskah Jemaat GMIT Imanuel Nifukani, Pdt. Elisa Maplani: Pentingnya Orang Mengalami Kecerdasan Spiritual

- Redaksi

Senin, 2 Mei 2022 - 13:55 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 27 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pdt. Elisa Maplani, M.Si (Wakil Sekretaris Majelis Sinode GMIT)

Pdt. Elisa Maplani, M.Si (Wakil Sekretaris Majelis Sinode GMIT)

SoE, Salamtimor.com – Dalam rangka perayaan paskah, jemaat GMIT Imanuel Nifukani – Klasis SoE Timur, bekerja sama dengan yayasan Ark of Christ (AoC) Bandung, Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) dan Komunitas SoE Berbagi (KaSoGi) menggelar berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai 27-28 April 2022 bertempat di halaman gereja Imanuel Nifukani. Jenis kegiatan yang dilaksanakan antara lain Kebaktian Penyegaran Iman (KPI), Pesta Iman PAR dan Konser Pemuda.serta Seminar.

Tampak peserta perayaan pasakah jemaat GMIT Imanuel Nifukani, Klasis SoE Timur. (Nifukani, 27/4/2022)

Hadir pada acara tersebut, Pdt. Elisa Maplani M.Si (Wakil Sekretaris Sinode GMIT), Pdt. Lebrik E.K.O. Toy, S.Th (Ketua Majelis Klasis SoE Timur) bersama Majelis Klasis Harian dan sejumlah Pendeta, Pimpinan Yayasan AoC Bandung dan Tim, Meryana Tse, M.Si (Kabag Umum Pemda TTS mewakili Bupati TTS) dan peserta dari gereja-gereja se-Klasis SoE Timur dan gereja-gereja denominasi lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam suara gembalanya, Pdt. Elisa Maplani, M.Si menyampaikan bahwa, ”kita semua berkumpul pada momen iman ini dalam rangka memperingati paskah. Kerja sama yang baik yang diinisiasi oleh jemaat Tuhan di GMIT Imanuel Nifukani bekerja sama dengan YPKM, KaSoGi juga bekerja sama dengan para hamba Tuhan dari Yayasan AoC Bandung.”

Suasana KKR di Jemaat GMIT Imanuel Nifukani pada malam KKR. (Nifukani, 27/4/2022)

Lanjutnya, “di bawah tema “tak terpisahkan dari kasih Allah”. Tema ini diambil dari surat Paulus bagi jemaat Tuhan di Roma (Roma 8:38-39). Tak terpisahkan dari kasih Kristus. Karena kasih cinta Kristus, kita ada bersama dengan para hamba Tuhan yang luar biasa yang datang dari Bandung. Kita memperingati paskah sebagai wujud dari proklamsi tentang kebangkitan Kristus. Paskah adalah sebuah wujud proklamasi tentang kasih Allah bahwa kita menyembah kepada satu Tuhan, yakni Yesus Kristus yang tidak tunduk pada kuasa kematian.”

“Penelitian menunjukan bahwa, orang boleh cerdas secara intelektual. Dia boleh sekolah tinggi, punya gelar yang banyak. Professor, Doktor dan lain-lain. Punya kecerdasan intelektual. Tapi tanpa ditunjang dengan kecerdasan rohani atau kecerdasan spiritual, maka kecerdasan-kecerdasan intelektual itu akan membuat orang cenderung melakukan tindakan-tindakan kejahatan. Oleh karena itu pentingnya, orang mengalami kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual itu menjadi kunci dimana orang dapat mengendalikan dirinya untuk melakukan yang terbaik bagi Tuhan dan bagi sesamanya.” tandas Pendeta Maplani.

“Pertumbuhan rohani adalah hal yang amat penting yang mesti terjadi dalam kehidupan setiap orang. Dan salah satu cara orang mengalami kecerdasan spiritual dan pertumbuhan rohani adalah melalui kegiatan-kegiatan kebangunan rohani. Peristiwa malam ini menunjukan niat yang baik dari semua kita untuk terus menjaga komitmen kita mengalami pertumbuhan spiritual. Mengalami pertumbuhan rohani di dalam Kristus supaya kita mampu menghadapi saratnya (beratnya) tantangan-tantangan kehidupan.” ujar Maplani

“Penelitian menunjukan telah terjadi pergeseran kekristenan yang luar biasa. Dari Amarika, Eropa, Australia mengalami pergeseran ke Asia dan Afrika. Sekarang gereja-gereja di Eropa, di Amarika, di Australia kebanyakan tutup. Kenapa, karena perkembangan-perkembangan pembangunan tidak diikuti dengan perhatian yang serius oleh gereja terhadap pertumbuhan rohani jemaat.”

“Dan karena itu, peristiwa malam ini, bangkit dari sebuah kesadaran betapa pentingnya pertumbuhan rohani jemaat. Dan kita bersyukur yayasan AoC (mereka para hamba Tuhan yang luar biasa) yang punya kepedulian yang luar biasa untuk ada bersama dengan kita di tempat ini yang tidak hanya melakukan kegiatan kebaktian penyegaran iman tapi juga seminar-seminar yang melibatkan para pendeta dan para persekutuan doa dan pihak sekolah. Ini semua bertujuan supaya umat Tuhan di Nusa Tenggara Timur ini dapat mengalami proses pertumbuhan rohani secara baik.” tandas Maplani

Pantauan media ini, ribuan peserta yang memadati halaman gereja Imanuel Nifukani tampak sangat gembira dan antusias menyambut kegiatan yang di dahului dengan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR). Peserta datang dari berbagai denominasi gereja. Terbanyak dari jemaat-jemaat GMIT dalam lingkup pelayanan Klasis SoE Timur. (Inyo Faot/ST)

Berita Terkait

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi
Hadiri Hari Bhakti PU, Bupati TTS Tegaskan ASN Harus Netral Pada Pemilu 2024

Berita Terkait

Rabu, 20 Maret 2024 - 13:36 WITA

IDRIP NTT Gelar Rakor Triwulan I Tahun 2024 Tingkat Provinsi

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Jumat, 3 November 2023 - 21:07 WITA

Diprediksi Bertahan Hingga Februari 2024, BMKG Ungkap Dampak El Nino

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA