Carles Finit, Pembawa Perubahan Bagi Masyarakat Desa Kelle

  • Whatsapp
Carles Finit (Kepala Desa Kelle, Kec. Kuanfatu, Kab. TTS Periode 2016-2022) dan Calon Kepala Desa Kelle periode 2022-2028.

SoE, Salamtimor.com – Calon Kepala Desa Kelle, Kec. Kuanfatu, Kab. TTS, Carles Finit menyatakan siap kembali bertarung dalam pemilihan kepala desa Kelle yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2022 mendatang.

Saat di konfirmasi oleh media ini, Carles Finit yang adalah calon incumbent mengatakan bahwa ia bertekad jika terpilih kedua kali menjadi kepala desa Kelle maka akan melanjutkan Visi-Misi dan program kerjanya terdahulu yaitu Harmonis (Hijau, Adil, Religius, Martabat, Outididak, Inspiratif dan Sehat).

Dalam penjelasannya, ia mengatakan program kerja yang ia jalankan selama 6 tahun ini semua terlaksana dengan baik, mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan yang paling nampak itu menggandeng semua orang tua dalam desa Kelle untuk memotivasi anak-anak putus sekolah agar dapat mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan positif yg membawa perubahan bagi kehidupannya.

Lanjut Carles, “di tahun 2018 lalu atas inisiatif dan kerja keras, desa Kelle berhasil mendirikan satu sekolah setingkat SMA (SMAK) yang tahun 2022 ini melaksanakan ujian nasional. Ini semua berkat kerja keras bersama Depertemen Agama (Depag) yang tujuannya mendekatkan pelayanan kepada anak-anak sekolah dan menyiapkan lapangan pekerjaan bagi anak-anak lulusan desa Kelle,” ucapnya.

“Dari sektor kesehatan sendiri, atas inisiatif dan adanya dana desa, kami pihak desa bekerja sama dengan dinas kesehatan dan puskesmas Kuanfatu maka kami mendapat 1 orang bidan dan 1 orang perawat yang bertugas di desa Kelle dari 2019 hingga saat ini. Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan medis kepada masyarakat, serta mengurangi angka stunting, gizi buruk dan meningkatkan kesehatan bagi ibu dan anak,” terang Carles.

Tampak rumah layak huni masyarakat desa Kelle yang dibangun pada kepemimpinan kepala desa Carles Finit.

“Program lain yang nampak dan dinikmati masyarakat desa Kelle yaitu pemugaran rumah layak huni yang sumber dananya dari Dana Desa, kerja sama dengan Dinas terkait sehingga ada bantuan selama 3 tahun berturut-turut. Saat ini sudah ada 30 unit rumah telah rampung dibangun dan di tempati warga desa yang membutuhkan,” urai Carles.

Sambungnya, “Desa Kelle juga beberapa tahun lalu bekerja sama dengan Dinas terkait sehingga mendapatakan 20 lampu jalan yang dipasang disetiap titik. Disisi lain, kami juga berupaya dengan cara swadaya masyarakat untuk pembukaan jalan sertu disetiap dusun yang belum tersentuh akses agar dapat dilalui dengan baik. Kemudian ada pembuatan rabat ke kebun-kebun masyarakat desa Kelle yang selama ini tidak bisa dilalui kenderaan agar dapat membantu para petani membawa hasilnya keluar dengan mudah,” kata Carles.

Carles juga mengatakan salah satu dusun yaitu dusun 2 (Foko), selama ini sulit mendapatkan air bersih. Tetapi adanya Dana Desa dan inisiatif dari saya sehingga dusun 2 (Foko) telah menikmati air bersih.

Carles Finit optimis desa Kelle adalah desa yang berwibawa, bebas hasutan dan provokasi. Jika dirinya dipercayakan lagi menjadi Kepala Desa pada pemilihan 17 Juni 2022 mendatang, maka seluruh program akan di maksimalkan dan rampung tepat waktu.

Penulis: Ot Seo

Pos terkait