Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Kota Kupang, Tiga Orang Terkonfirmasi Positif

  • Whatsapp

KUPANG, SALAMTIMOR.COM – Covid-19 terus bermutasi dan memunculkan varian-varian baru yang berbahaya. Salah satu varian dari Covid-19 adalah varian Delta.

Bukan hanya di India atau di Jakarta, kini Covid-19 varian Delta sudah ada di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dan 3 orang dinyatakan positif varian Delta berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Litbangkes Kemenkes RI.

Ketiga pasien tersebut masing-masing berumur 12 tahun, 70 tahun dan 33 tahun.

“Varian Delta lebih banyak menyerang usia muda. Jadi sudah terbukti kita mendapatkan pasien anak-anak,” kata Kepala Instalasi Patologi Klinik RSUD W.Z Yohannes Kupang, dr. Hermi Indita Malewa, Sp.PK, kepada awak media pada Rabu (21/7/2021).

Hadir dalam jumpa pers tersebut, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu.

dr. Hermi menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan mengeluarkan beberapa kriteria untuk kita bisa kirimkan pemeriksaan yang namanya Whole Genum Sequencing (WGS).

“Jadi tidak semua specimen yang positif kita kirim ke Jakarta, tetapi yang masuk dalam kriteria saja, yaitu pertama specimen positif dengan nilai city dibawah 25, lalu ada beberapa kriteria tambahan lagi yaitu yang mendarat dari negara asing, speciman dari anak-anak, serta pasien yang sudah divaksin kemudian infeksi lagi. Jadi sampel-sampel itu yang kita kirimkan,” jelas dr. Malewa.

Pada kesempatan yang sama, juru bicara Satgas penanganan Covid-19 NTT, Marius Ardu Jelamu mengimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan maupun arahan yang diberikan pemerintah pusat, hingga pemerintah daerah.

“Masyarakat NTT jangan panik jika ada varian baru di NTT. Kami berharap masyarakat tetap tenang dan waspada. Jangan khwatir berlebihan, karena ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk penanganan,” ucap Jelamu.. (***Tim)

Pos terkait