Home / TTS

Dapat Bantuan Sumur Bor Dari YPKM dan KaSoGi, Masyarakat Desa Pusu Gelar Syukuran

- Redaksi

Sabtu, 24 Juli 2021 - 13:56 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 75 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SoE, SALAMTIMOR.COM – Masyarakat Desa Pusu, kecamatan Amanuban Barat, kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar syukuran bersama atas bantuan sumur bor dari Yayasan Pelita Kehidupan Masarakat (YPKM) dan Komunitas SoE Berbagi (KaSoGi) yang baru selesai dikerjakan pada tahun ini guna menjawab pergumula warga setempat akan kebutuhan air bersih.

Acara syukuran ini digelar pada Sabtu, (24/07) yang di hadiri oleh Wakil Bupati TTS (Jhony Army Konay), Ketua YPKM (Sandy Matias Rupidara), Ketua KaSoGi (Nifron Fallo), serta pak Jos dari Australia bersama rombongan dan tokoh masyarakat dusun Tilo.

Syukuran ini diawali dengan penerimaan secara adat kepada Penjabat Daerah dalam hal ini Wakil Bupati TTS, Ketua YPKM, ketua KaSoGi dan rombongan dari Australia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wakil Bupati TTS dalam sambutanya saat mengresmikan sumber air tersebut menyampaikan apresiasi dan terimakasih terhadap YPKM dan KaSoGi atas bantuan sumur bor kepada masyarakat desa Pusu.

Lanjut Army, “bantuan sosial dari YPKM dan KaSoGi bukan hanya di tempat ini saja, tapi hampir di semua wilayah TTS. Saya sering diajak turun bersama-sama dengan teman-teman dari YPKM dan KaSoGi.”

Lanjutnya, “untuk itu, atas nama Pemerintah kabupaten TTS, saya mau katakan bahwa YPKM dan KaSoGi sudah sangat banyak membantu masyarakat bawah dengan sentuhan-sentuhan nyata demi menjawab kebutuhan masyarakat. YPKM dan KaSoGi memiliki jiwa pelayanan yang tinggi dan menyentuh.”

Dalam acara tersebut, orang nomor dua di TTS ini juga langsung menjawab pengeluhan yang disampaikan oleh masyarakat setempat soal ketiadaan tiang listrik. Sebagaimana terpantau bahwa saat ini, kabel listrik yang melintasi dusun Tilo belum memiliki tiang. Hanya menggunakan kayu sebagai tiang depanjang tujuh kilometer.

Army langsung menghubungi pihak PLN untuk menyediakan tiang listrik dan langsung dijawab oleh pihak PLN dengan meminta Pemerintah Desa dan masyarakat untuk mengajukan permohonan agar segera ditindak lanjuti.

Sementara itu, Kepala desa Pusu (Yulius Talan) dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan YPKM dan KaSoGi atas bantuan sumur bor buat warga di desa Pusu.

Dalam kesempatan yang sama Ketua YPKM, Sandy Matis Rupidara dalam laporannya menyampaikan bahwa Tilo adalah sebuah dusun yang berada di desa Pusu, kecamatan Amanuban Barat dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 156 kk dengan jiwa 672 orang.

Pada tahun 2016 sudah ada bantuan dari YPKM dan beberapa rekan OMS yang ada dengan sejumlah kegiatan.

Ada kegiatan pemberdayaan dan sudah di bentuk panitia lokal yaitu panitia Munitfeu yang mana panitia ini di bentuk oleh masyarakat di sini dan berfungsi untuk mencari tau persoalan yang ada di sini.

YPKM bekerja sama dengan beberapa lembaga mitra berhasil mengerjakan lima tangki air dengan daya tampung 11 ribu liter beserta persediaan assesoris untuk pendistribusian air bagi mayarakat dusun Tilo.

Lanjut Rupidara, “dalam perjalanan setelah di resmikan oleh Gubernur NTT (Viktor Bungtilu Laiskodat) pada tahun 2019, tim Munitfeu ini menemukan bahwa sumber air sangat terbatas untuk menjangkau sampai pada wilayah di bawah. Untuk itu pada tahun ini kita kembali menyalurkan satu unit sumur bor lagi untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat di sini.” Tutup Sandy.

Penulis: Inyo Faot

Berita Terkait

IPS gelar Kegiatan Membangun Budaya Literasi Sains, Numerasi, dan Bahasa Inggris Melalui Game Bagi Siswa SD di Desa Kesetnana
Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi

Berita Terkait

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Senin, 30 Oktober 2023 - 00:11 WITA

Peringati Bulan Bahasa 2023, UCB Gandeng UNDANA Kupang Gelar Seminar International Linguistik Terapan

Sabtu, 23 September 2023 - 10:47 WITA

Kembalikan Jam Sekolah Menjadi Pukul 07.00 Wita, Pj Gubernur NTT Tinjau Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kupang

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA