Dinas PUPR TTS Sambut Hari Bakti yang ke 76 Dengan Open Trunamen Futsal Bupati Kab 1

  • Whatsapp
Kepala Dinas PUPR Kab. TTS, Lens Liu

SoE, SALAMTIMOR.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Timor Tengah Selatan Propinsi Nusa Tenggara Timur memperingati Hari Bakti ke-76 yang jatuh pada 3 Desember 2021 dengan mengadakan Lomba futsal Open Trunamen Bupati Kab 1.

Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Bakti  yang ke-76. Berikut ulasan sejarah singkatnya.

Tanggal 3 Desember merupakan hari yang punya “Makna Khusus” bagi warga Departemen Pekerjaan Umum. Karena pada tanggal Tanggal 3 Desember 1945 terjadi peristiwa bersejarah. Gugur tujuh orang karyawan yang berjuang mempertahankan markas Departemen PU di Kota Bandung yang dikenal sebagai “Gedung Sate”. Peristiwa ini kemudian dikenang dan diperingati sebagai HARI KEBAKTIAN PEKERJAAN UMUM.

Tanggal 3 Desember 1945, pukul 13.00 WIB, waktu itu kantor Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum di Jl. Diponegoro 22 Bandung yang dikenal dengan Gedung Sate itu hanya dipertahankan oleh 21 orang. Tiba-tiba datang menyerbukan sepasukan tentara Sekutu/Belanda dengan persenjataan yang berat dan modern.

Walaupun demikian petugas yang mempertahankan Gedung Sate ini tak mau menyerah begitu saja. Mereka mengadakan perlawanan mati-matian dengan segala kekuatan yang dimiliki tetap mempertahankan kantor yang akan direbutnya itu.

Mereka dikepung rapat dan diserang dari segala penjuru. Pertempuran yang dahsyat itu memang tidak seimbang. Pertempuran ini baru berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dalam pertempuran tersebut diketahui dari 21 orang pemuda 7 diantaranya hilang.

Satu orang luka-luka berat dan beberapa orang lainnya luka-luka ringan. Setelah dilakukan penelitian ternyata para pemuda yang hilang itu diketahui bernama: Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu dan Soerjono.

Kepala Dinas PUPR TTS, Lens Liu Kepada media ini 02/01/21 menyampaikan bahwa, “Dalam rangka  memperingati Hari Bakti  yang ke 76 pada 3 Desember 2021 maka Dinas PUPR TTS mengadakan lomba Open Futsal Trunamen Bupati Kab 1 yang mana diselenggarakan selama lima hari di Gor Nekmese.” Ucap Lens

Lanjut Lens, Lomba Futsal Open Turnamen Bupati Kab 1 ini diikuti oleh 35 tim dari berbagai klub yang mana para klub ini memperebutkan piala bergilir dan piala tetap.

Masih Lens, “hadiah atau uang pembinaan Lomba Futsal Open Trunamen Bupati Kab 1 untuk juara 1. Rp. 10.000.000 dan Juara 2. Rp. 5.000.000. Juara 3. Rp. 2.500.000 sedangkan untuk juara 4 RP. 1.000.000.

Yang keluar sebagai pemenang dalam lombah ini, juara 1 Kapass FC, juara 2 Futsal VOC, juara 3 JSFF Kapan NTT, juara 4 Catalan FC. Tutup Lens. (**Tim)

Editor: Inyo Faot

Pos terkait