Diskominfo Malaka Pasang Jaringan Internet Gratis Untuk SDK Kakaniuk

  • Whatsapp

MALAKA, SALAMTIMOR.COM  — Untuk memudahkan anak didik dan tenaga pendidik dalam mengakses pembelajaran melalui sistem on line, maka Dinas Kominfo Kabupaten Malaka melakukan pemasangan jaringan internet gratis pada 7/9/2021 lalu dan selesai pada Rabu 8/9/2021 untuk  SDK Kakaniuk Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, NTT.

Kepala sekolah SDK Kakaniuk, Donatus Seran, mengatakan bahwa, “selama ini anak didik dan tenaga pendidik mengalami kesulitan dalam mengakses pembelajaran secara on line melalui sistem jaringan internet karena jaringannya susah, bahkan tidak ada sama sekali.” Kata Donatus Seran,  pada Kamis 9/9/2021 di SDK Kakaniuk.

Lanjutnya, “seluruh perangkat internet gratis dan jaringannya bantuan dari BAKTI Kominfo sudah selesai dipasang dan diinstal oleh pihak penyedia untuk dipergunakan.”

“Dengan demikian, sekarang kami sudah bisa memanfaatkan internet gratis di sekolah atas bantuan BAKTI Kominfo. Kami sangat berterima kasih untuk Pemda Malaka melalui Dinas Komunikasi dan Informatika untuk perangkat jaringan ini.” ujar Donatus Seran.

“Untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya on line atau daring, sudah ada kemudahan. Dan memang selama ini di sekolah kami terkendala dengan jaringan internet, sehingga untuk mengakses informasi dan link-link penting untuk kepentingan sekolah maka kami harus ke pusat kecamatan. Akan tetapi setelah adanya internet gratis ini akan sangat memudahkan kami.” jelasnya.

Selain itu juga, dia menambahkan dengan adanya internet gratis ini, para guru akan semakin memperkaya diri dalam mengajar.

“Para guru tentunya akan memperkaya diri dengan mengakses informasi yang penting untuk diteruskan kepada para siswa. Pengetahuan pun akan semakin berkembang, dan ini salah satu kredit poin dan nilai positif.” bebernya.

Di samping itu, Donatus juga menguraikan bahwa Tahun 2020 melalui Dana Bos Kinerja, pihaknya mendapatkan juga fasilitas berupa Komputer 1 unit, Laptop 1 Unit dan Tablet HP sebanyak 10 Unit.

“Kami akan memanfaatkan fasilitas yang ada dengan adanya internet gratis tersebut,” tutup Donatus Seran.

Pada tempat yang sama, Martinus Tae, salah seorang guru, mengaku sangat senang dengan bantuan internet gratis yang diberikan dari Kemenkominfo.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas perhatian yang besar dari Kemenkominfo melalui Pemda Malaka dalam hal ini Dinas Kominfo Malaka. Ini semua berkat kerja sama yang terus dibangun sehingga sekolah kami yang ada di pelosok bisa dapat bantuan seperti ini.” katanya.

Dirinya juga akan memanfaatkan jaringan internet yang ada untuk menambah pengetahuan dalam proses belajar mengajar.

Sebagai informasi, bantuan internet gratis dari Kemenkominfo untuk Kabupaten Malaka tahun 2020 terdapat 44 titik.

Gelombang pertama 26 titik dan sementara dilakukan pemasangan, menyusul gelombang kedua 18 titik.

Penentuan persetujuan pemasangan titik akses internet gratis tersebut, atas kewenangan mutlak dari BAKTI. (Tim/red**)

Pos terkait