EDWAR TANNUR: LEGISLATOR YANG BERI BUKTI BUKAN JANJI

  • Whatsapp

SoE, SALAMTIMOR.COM – Kepercayaan masyarakat kepada para pemimpin yang merupakan produk pemilihan umum, semakin hari semakin terseduksi. Hal ini diakibatkan oleh karena janji-janji politik yang disampaikan saat kampanye tidak terealisasi setelah menjabat. Akhirnya, kekecewaan masyarakat kepada pemimpin yang di pilihnya tergerus.

Hal inilah yang mendorong Anggota DPR RI Edward Tannur., SH dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui staf ahlinya untuk mempublikasi pertanggungjawaban mandat yang dipercayakan kepada rakyat selama Tahun anggaran 2020. Ini merupakan bukti konrit yang sudah terealisasi dan diterima langsung oleh masyarakat di Daerah Pimilihannya NTT II, yakni pulau Timor, pulau Sumba, pulau Sabu dan pulau Rote.

Bantuan yang sudah terealisasi berupa 20.000 Bibit anakan Mangga, Lengkeng, Sawo dan Lemon di sejumlah Kabupaten antara lain Kabupaten TTS 2.500 anakan, TTU 3.000 anakan, Belu 2.000 anakan, Sumba 10.000 anakan, dan Kabupaten Malaka 2.500 anakan.

Selain itu, adapun bantuan Anggota DPR RI tersebut berupa dana bagi kelompok tani yang sudah terealisasi senilai Rp: 450.000.000., (Empat Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) melalui program Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang sudah diserahkan kepada 9 kelompok perkebunan di Kabupaten TTS dan Kabupaten TTU.

Tak hanya disitu saja, bantuan senilai Rp. 450.000.000., (Empat Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) juga diserahkan lagi kepada 9 Kelompok Kehutanan di Kabupaten TTS melaui program Bang Pesona.

Edward Tannur juga membantu ekonomi masyarakat dengan memberikan program Pangan Lestari (P2L) bagi kaum Ibu-ibu di masa pandemi ini, dengan anggaran senilai Rp: 850.000.000., (Delapan Ratus Lima Puluh Juta Rupiah).

Bantuan aspirasi berupa benih jagung 4 paket, benih sayuran 2 paket, dan tanaman sayuran dan tanaman obat berupa bawang dan cabe sebanyak 4 paket. Hal ini di berikan kepada kelompok pertanian di Kabupaten Belu.

Demi mengoptimalkan pertanian dan peternakan di Dapilnya, Ia (Edward Tannur) melalui dana  aspirasi yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan senilai Rp. 3.000.000.000., (Tiga Miliar Rupiah) bagi kelompok tani yang sudah terealisasi dalam program Unit Pengelola Pupuk Organik (UPPO) untuk 15 kelompok tani diantara 4 paket UPPO diserahkan di Kabupaten TTS, 2 paket TTU, 3 paket Belu, 1 paket Kota Kupang, 1 paket Sabu dan 4 paket diserahkan di Kabupaten Kupang.

Program UPPO yang sudah terealisasi bagi kelompok tani dibangunnya rumah kompos, kandang sapi, bak fermentasi, motor roda tiga, mesin APO dan pembelian 8 ekor sapi.

Demi meningkatkan pertanian, peternakan, dan perikanan Senator tersebut merealisasikan lagi program berupa bantuan Induk Sapi 60 ekor untuk tiga kelompok peternak yang ada di Kabupaten TTU dan Belu.

Bantuan berupa ternak Kambing etawa sebanyak 75 ekor diberikan kepada 3 kelompok peternakan di  Kabupaten Belu dan masing-masing kelompok mendapat sebanyak 25 ekor.

Untuk membantu kelompok masyarakat perikanan di Kabupaten TTS tepatnya di kecamatan Polen desa Loli dan kecamatan Raimanuk desa Leun kabupaten Belu, Ia juga memberikan 2 unit program bioflok senilai Rp. 356.000.000., (Tiga Ratus Lima Puluh Enam Juta Rupiah), masing-masing kelompok mendapatkan anggaran senilai Rp. 178.000.000., (Seratus Tujuh Puluh Delapan Juta Rupiah).

Tak hanya itu saja, untuk bidang perikanan Ia alokasikan 100 orang peserta untuk mengikuti Bimtek budidaya ikan dan Bimtek pengolahan ikan kepada peserta  yang berasal dari TTS sejumlah 30 peserta, TTU 20 peserta, Kota Kupang 20 peserta dan Kabupaten Kupang 30 peserta.

Selain itu juga Bapak Edward Tannur yang bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), memberikan 2 kali makanan olahan ikan dan masker sebanyak 1.000 paket bagi masyarakat di TTS sebanyak 708 paket, dan TTU 292 paket.

Semua yang dilakukan Bapak Edward Tannur semata-mata hanya untuk masyarakat karena itu, Ia pun memberikan Ribuan Paket Sembako bagi masyarakat yang sudah terealisasi atas kerja samanya dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Bulog.

Kerja sama Anggota DPR RI Edward Tannur, SH., dengan Direktorat Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian. Rincian alsintan dari PSP Kementan sebagai berikut:  8 unit Traktor Roda Empat, 54 unit Traktor Roda Dua, 20 unit Cultivator,60 unit Pompa Air, 50 unit Handsprayer, dan 6 unit Rice Transplanter/Alat Tanam Padi

“Sementara itu, kerja sama dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (TP) Kementan untuk mendatangkan alsintan pasca panen. Dari 61 unit alsintan tersebut diantaranya: 20 unit Power Thrersher/perontok padi, 15 unit Corn Sheller/pemipil jagung, 2 unit Combine Harvester besar, 2 unit Combine Harvester Sedang , 2 Unit Combine Harvester Multiguna, 2 Unit Combinen Harvester Kecil, 5 Unit Power Tresher Multiguna, 10 Unit Power Tresher Multiguna Kecil, 5 Unit Corn Sheller Mobile. Semua Alsintan Pasca Panen dan Panen direalisasikan di sejumlah daerah di Dapilnya.

Motor Disinfektan Tiga Roda sebanyak 9 Unit, yang sudah diserahkan ke Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan Kabupaten Timor Tengah Selatan  2 unit, DLHK Malaka 1 unit, DLHK Kabupaten Kupang 1 unit, DLHK Kabupaten Sabu 1 unit, dan Kelompok tani 4 unit dua diantaranya di Kabupaten TTS dan 2 unit lainya diserahkan ke kelompok tani di Kabupaten Belu.

Pengolah dan Pemesaran Hasil Hortikultura (PPHH)/ alat sarana pengolah buah dan sayur sebanyak 2 unit, yang sudah terealisasi di Kabupaten di Kabupaten TTS , dan Paket sarana pasca panen berupa 2 paket Kendaraan roda tiga 2 unit yang juga sudah terealisasi untuk Kabupaten Belu

Alat pelindung diri (APD) berupa Topi, kacamata, masker, sarung tangan, dan sepatu boot sebanyak 300 paket diserahkan ke tiga Rumah Sakit Umum yaitu RSUD Soe Kabupaten TTS 100 paket, RSUD TTU 100 paket, dan RSUD Kota Kupang 100 paket.

Adapun bantuan Drop Box Limbah 35 buah, Plastik Pengumpul Limbah 7.000 kantong yang diserahkan kepada pihak RSUD Kabupaten TTS 15 Drop Box, Plastik Pengumpul Limbah 3.500 kantong dan 20 Drop Box Limbah, Plastik Pengumpul Limbah sebanyak 3.500nya dibagikan ke RSUD Kefamenanu Kabupaten TTU.

Selain itu adapun bantuan yang diserahkan oleh Anggota DPR RI Edward Tannur, SH., untuk pencegahan Covid-19 berupa sarana prasarana sampah yang terdiri dari Mesin Pencacah Sampah Organik 1 unit, Mesin Press Sampah Plastik/kertas 1 unit, Gerobak sampah terpilah 10 unit, dan Tempat Sampah Tematik 10 unit di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Bukan hanya itu saja Bapak Edward Tannur juga memberikan tenda, mesin jahit, obras, dan gitar bagi  400 Rumah doa.

“Mohon doa dan dukungan Rakyat NTT agar ke depan Bapak Edward Tannur, menyiapkan Tenaga, Pikiran dan Hati untuk terus memberikan pelayanan terbaik selama dipercaya menjadi Anggota DPR RI”.

Penulis: Ansger Tampani

Pos terkait