GELAR SYUKURAN NATAL, MAJELIS KLASIS BAGI BINGKISAN KASIH UNTUK 57 KOSTER SE-KLASIS SOE TIMUR

  • Whatsapp
Foto: Ketua Majelis Klasis SoE, Pdt. Lebrik E.K.O. Toy, S.Th saat prosesi pembakaran lilin dalam acara syukuran natal Klasis SoE Timur

SoE, SALAMTIMOR.COM — Dalam menyambut kelahiran Yesus Kristus, Majelis Klasis SoE Timur menggelar syukuran natal pada hari Jumat, 08 Januari 2021 bertempat di Jemaat GMIT Ebenhaezer Tubmonas, desa Tubmonas, kecamatan Kuatnana.

Natal tersebut di hadiri oleh para Pendeta, Anggota Majelis Klasis non Pendeta dan para Koster se-Klasis SoE Timur. Perayaan syukur natal ini mengusung Tema yang dikeluarkan oleh PGI yakni, “Mereka Akan Menamakan Dia Imanuel”.

Pantauan media SALAMTIMOR.COM, semua peserta syukur natal secara ketat mengikuti protokol kesehatan ditengah ancaman pandemic COVID-19 yang semakin nyata di antaranya, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Tidak hanya merayakan natal, dalam momentum tersebut tuan dan nyonya rumah serta Majelis Klasis  membagikan bingkisan kasih kepada 57 Koster se-Klasis SoE Timur. Hal tersebut dilakukan mengingat peran dan tanggungjawab Koster didalam mendukung pelayanan di jemaat masing-masing cukup signifikan.

Foto: Para Koster menerima bingkisan kasih dalam momen syukur natal Keluarga Besar Klasis SoE Timur

Ketua Klasis SoE Timur, Pdt. Lebrik E.K.O. Toy, S.Th saat menyampaikan suara gembala dalam acara tersebut menyatakan bahwa, “perayaan natal kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena kita harus berhadapan dengan ancaman pandemic COVID-19 yang semakin nyata. Kebebasan kita di batasi dengan SOP dari pemerintah maupun Majelis SINODE selaku induk GMIT. Namun syukur kepada Allah, bahwa kita masih diberi keselamatan hingga saat ini, karena Dia (Imanuel) terus menyertai kita. Kuasa Sang Imanuel terbukti menemani kita dan mempersatukan kita hari ini di sini untuk menyatakan syukur bersama atas kelahiran Juruselamat.”

Lanjut Pendeta Toy, “syukur natal ini juga ditandai dengan pembagian bingkisan kasih kepada para koster berupa sembako. Walaupun tidak semua koster mendapatkan bingkisan karena keterbatasan, dan tentunya isi bingkisan ini tidak banyak untuk bisa menjawab semua kebutuhan, namun kiranya ini menjadi langkah awal yang positif bagi kita di Klasis SoE Timur yang baru berusia satu tahun ini. Apalagi pemberian bingkisan ini merupakan inisiatif dari tuan dan nyonya rumah pelaksanaan kegiatan ini. Kami dari Majelis Klasis hanya melengkapi saja. Karena mengingat peran para koster yang sangat besar dalam mendukung pelayanan untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan” Ungkap Toy.

Foto: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten TTS, Uksam Selan, S.Pi,. MA,. saat menyerahkan bingkisan kasih kepada perwakilan Koster dalam acara sykuran natal Keluarga Besar Klasis SoE Timur.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten TTS, Uksam Selan, S.Pi, MA dalam penyampaian pesan dan kesan natal mangatakan bahwa, “saat ini kita dilanda pandemic COVID-19. Oleh karena itu saya menghimbau masyarakat untuk tidak terlalu takut dengan COVID-19 karena ketakutan bisa menurunkan imunitas tubuh. Sebaliknya kalau kita kuat, imunitas kita juga bertambah sehingga dengan sendirinya bisa anti COVID. Sementara kami juga mendorong pemerintah untuk terus berbenah dan mendukung medis dan para medis untuk terus bekerja secara professional sehingga tidak ada kecurigaan-kecurigaan dari masyarakat soal hasil pemeriksaan (swab). Saya juga berharap agar terus ada kerja sama antara pemerintah dan gereja dalam usaha memutus mata rantai penyebaran COVID-19.” Ungkapnya.

Sambung Selan saat diwawancarai media ini menyatakan bahwa, “Pergumulan Klasis SoE Timur saat ini adalah soal pembangunan kantor klasis. Jadi saya juga berharap Majelis Klasis dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah untuk bersinergi membangun kantor klasis SoE Timur. Itu harapan agar kantor klasis secepatnya dikerjakan sehingga Majelis Klasis Harian aman dalam menjalankan pelayanan kepada jemaat yang adalah masyarakat, dan masyarakat yang adalah jemaat.” Tutupnya.

Ketua Majelis Jemaat Ebenhaezer Tubmonas, Pdt. Yunius Betty, M.Th., menyampaikan bahwa, “hari ini kita menggelar perayaan natal bersama di sini. Sebagai tuan dan nyonya rumah pelaksana natal keluarga besar Klasis SoE Timur pada tahun ini, awalnya kita berencana untuk menghadirkan semua komponen namun karna situasi pendemic COVID-19 sehingga kita tidak mengundang banyak orang. Yang hadir hanya para Pendeta dan para Koster se-Klasis SoE Timur.”

Lanjut Betty, “kami bersukacita karena di kunjungi . Pemahaman kami, momen natal dimanfaatkan untuk saling mengunjungi satu dengan yang lain, saling memberi kasih dalam berbagai rupa. Sebagai tuan dan nyonya rumah, jemaat Ebenhaezer Tubmonas kami sangat senang dengan acara ini. Kami menganggap ini sebagai tanggung jawab iman. Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika ada hal yang di dapati tidak berkenan di hati Bapak/Ibu peserta natal di tempat ini.” Tutup Betty.

Foto: Pdt. Yan Lemani, S.Th saat memimpin ibadah syukur natal Klasis SoE Timur

Ibadah syukur natal Keluarga Besar Klasis SoE Timur ini dipimpin oleh Pdt. Yan Lemani, S.Th yang juga Ketua Majelis Klasis Mollo Barat. Bacaan Alkitab terpilih dari Matius 8:23-27 dengan inti khotbah “membiarkan Yesus hadir dan menguasai hati, pikiran serta tindakan kita. Karena kita percaya Yesus boleh-boleh saja, tapi kita juga harus memakai sifat dan pikiran Yesus di dalam pelayanan dan keseluruhan kehidupan ini. Kita beriman, tapi harus dirupakan dalam tindakan. Lebih-lebih lagi kita ada dalam pandemic COVID-19. Kita harus mentaati seluruh SOP Pemerintah dan Majelis SINODE, karena itu bukti tindakan kita. Gereja harus bertanggungjawab memelihara kehidupan. Bukan menjadi penyebab kehidupan itu melayang.” Tutupnya.

Penulis: Inyo Faot

Pos terkait