Genjot Pengembangan Porang Sebagai Komoditas Ekspor Andalan, Ini Langkah Kementrian Pertanian

  • Whatsapp

JAKARTA, SALAMTIMOR.COM — Kementerian Pertanian saat ini terus menggenjot pengembangan porang sebagai komoditas ekspor andalan. Sebab, pasar untuk komoditas ini sangat terbuka di dunia internasional.

Untuk itu, Kementerian Pertanian bersama dengan Ikatan Sarjana Wanita Indonesia dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong adanya riset rekayasa genetika untuk mengembangkan varietas porang yang lebih baik, salah satunya dengan menggunakan sinar Gamma.

Pemanfaatan teknik mutasi radiasi sinar Gamma ini dapat meningkatkan produktivitas umbi, menambah kadar glucomanan, membuatnya lebih tahan hama dan penyakit, serta tahan terhadap sumber daya air yang terbatas. Selain itu, juga bermanfaat untuk proses pengawetan dan sterilisasi produknya.

Saya berharap rekayasa genetika ini bisa membantu para petani kita, dan menjadikan Indonesia sebagai produsen porang terbesar dunia.

Saatnya kita memperkuat pendekatan sains dan inovasi teknologi untuk menjadikan pertanian Indonesia lebih maju, mandiri, dan modern. (*)

Pos terkait