IAKN Kupang dan SMTK Manekat Sei Peringati Hari Guru dan Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Dengan Gelar Berbagai Kegiatan

  • Whatsapp

SoE, SALAMTIMOR.COM – Sejumlah mahasiswa dan dosen Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang bekerja sama dengan SMTK Manekat Sei mengadakan serangkaian kegiatan di Sonaf Sei, desa Sei, kecamatan Kolbano, kabupaten TTS.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh kedua lembaga pendidikan ini diantaranya, pagelaran seni budaya berupa tarian daerah dari anak- anak sekolah, serta kampanya 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan yang mana ada anak-anak berlari melakukan selebrasi menyampaikan pesan moral melalui tulisan stop kekerasan terhadap perempuan, stop pernikahan anak dibawah umur, stop penelantaran anak dan masih banyak pesan moral lainnya.

Kepada wartawan Salamtimor.com pada Jumat 26/11/21 Dosen IAKN Kupang Dr. Cristopel Saetban S.pd, M.Pdk menyampaikan bahwa, “kehadiran Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang di desa Sei merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai tri darma Perguruan Tinggi dan kita mengajak anak-anak muda, para peserta didik disini untuk terus belajar dan belajar demi mendapatkan apa yang dicita-citakan.” ucap Cristopel.

Dosen IAKN Kupang Dr. Cristopel Saetban S.pd, M.Pdk (Foto: ST/Inyo)

Sambung Cristopel, ”mahasiswa S1 IAKN juga memberikan kontribusi berupa buku-buku bacaan untuk Taman Baca Masyarakat (TBM). Tidak hanya itu, kegiatan hari ini juga ada loncing Taman Baca di Sonaf Sei.”

“Terbentuknya Taman Baca Masyarakat (TBM) Desa Sei atas kerja sama teman-teman SMTK Manekat Sei, pemerintahan desa setempat dan tokoh masyarakat setempat.” jelas Cristopel

Cristopel juga berharap dengan hadirnya TBM Sonaf Sei dapat memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk pengembangan dan pengetahuan terhadap literasi untuk masyarakat dan generasi bangsa yang berada di Desa Sei.

“Kegiatan dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang akan berlangsung selama tiga hari. IAKN Kupang melalui mahasiswa pendidikan pasca sarjana semester I, Tahun 2021 akan menyelenggarakan seminar dengan tema “Moderasi Umat Bergama” dan sub tema “Beda itu Katong, Katong Indonesia).” beber Doktor muda asal desa Sei ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sei,Enos Biaf menyampaikan bahwa, selaku pemerintah desa setempat, dirinya berterima kasih kepada Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang dan SMTK Manekat Sei yang sudah menggagas dan menyelenggarakan beberapa kegiatan positif di desa Sei sebagai bentuk pengembangan terhadap pendidikan untuk generasi muda yang berada di desa Sei.

Tarian dari siswa-siswi menyambut rombongan IAKN Kupang yang akan menggelar berbagai kegiatan di desa Sei

“Saya atas nama masyarakat desa Sei menyampaikan terima kasih kepada Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang dan SMTK Manekat Sei yang sudah menyelenggarakan beberapa kegiatan positif bagi kami di desa Sei khususnya hari ini di Sonaf Sei.” tutup Enos.

Kepala SMTK Manekat Sei, Charles R.S Nabunome menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dengan kegiatan-kegiatan yang di gagas dan dilaksanakan oleh IAKN Kupang dan berharap kerja sama ini terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan yang lain.

“Saya sungguh berterima kasih kepada IAKN Kupang yang telah mempercayakan kami menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini. Kiranya kerja sama ini tidak hanya habis disini, tapi bisa terus berlanjut dalam momentum-momentum yang lain.” ujar Nabunome

Lanjutnya, “saya akan terus mendukung lembaga manapun yang memberikan edukasi pendidikan kepada masyarakat umum, siswa-siswi dan para guru. Karena hanya dengan pengetahuanlah kita mampu berkarya dan merubah suatu keadaan. Pendidikan merupakan pintu gerbang menuju pengetahuan yang luas.” tutup Nabunome.

Penulis: Inyo Faot

Pos terkait