Home / TTS

Institut Pendidikan SoE Gelar Workshop Strategi Lolos Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi

- Redaksi

Rabu, 1 November 2023 - 16:05 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Reporter : Tim Redaksi Editor : Yan Faot Dibaca 167 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TTS, Salamtimor.com — Institut Pendidikan SoE (IPS) melalui kegiatan hibah program detasering untuk pertisas tahun 2023 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada Rabu (01/11/2023) bertempat di Hotel Timor Megah mengadakan workshop dengan tema “Strategi lolos penelitian Kerjasama antar perguruan tinggi” dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Siti Zubaidah, S.Pd, M.Pd dari Universitas Negeri Malang.

Kegiatan workshop ini dilakukan secara daring dan diakses oleh bukan saja dosen dari Institut Pendidikan SoE tetapi juga melibatkan kampus-kampus lain diantaranya Universitas Nusa Dipa Maumere, IKIP Siliwangi, Universitas Tribuana Kalabahi, Universitas Timor, Universitas Muhammadiyah Kupang, Universitas Kristen Artha Wacana, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Universitas Karya Darma, STKIP Surya Kasih, STKIP Al Amin Dompu, STIKES Bethesda Tomohon serta beberapa sekolah yang terlibat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan selain dua kegiatan lain yang telah diikuti oleh dosen Institut Pendidikan SoE yaitu pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan juga penulisan buku ajar dan buku teks pada bulan Agustus-Oktober lalu, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan workshop ini.

Kegiatan ini dibuka oleh rektor Institut Pendidikan SoE, Ared J. Billik, S.T., M.Si yang dalam sambutannya mengajak seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan secara menyeluruh dengan harapan bahwa kegiatan workshop ini memberi manfaat bagi dosen dalam melaksanakan salah satu Tridharma perguruan tinggi yaitu melakukan Penelitian yang dapat diikutsertakan dalam kompetensi nasional untuk memperoleh hibah dari DRTPM.

Hal ini kembali dipertegas oleh ketua pelaksana kegiatan, Dens Asbanu, S.Si, M.Pd, yang mengatakan bahwa kegiatan ini dirasa sangat perlu dilakukan karena selama 7 tahun terakhir dosen dari Institut Pendidikan SoE sering mengusulkan Penelitian ke DRTPM dan lolos namun untuk skema Penelitian Dosen Pemula, sedangkan untuk skema lainnya belum pernah didanai seperti Penelitian Dasar lainnya seperti Penelitian Fundamental (PF), Penelitian Kerja Sama (PK) dalam negeri, Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT).

Kegiatan Worshop yang dikoordinasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan dimoderatori oleh Sonya V. Ch. Benu, M.Pd ini memberikan masukan terkait dengan bagaimana menyusun proposal penelitian yang baik dengan memperhatikan syarat dan ketentuan dari DRTPM.

Nara sumber juga menjelaskan apa saja yang dinilai oleh reviewer untuk memutuskan layak atau tidaknya sebuah proposal dibiayai terdiri dari administrasi dan substantsi yang disyaratkan pada BIMA dengan status perguruan tinggi Institut Pendidikan SoE yang berada pada klaster pratama dan memperhatikan road map Penelitian serta rekam jejak dari masing-masing peneliti (red. dosen).

Diakhir kegiatan workshop ini, ada sesi diskusi antar peserta dengan nara sumber terkait materi yang disampaikan. Para peserta mengatakan kegiatan ini memberikan pencerahan bagi mereka dan mereka berharap agar nara sumber dapat memberikan masukkan nantinya pada proposal yang akan diikutsertakan pada hibah kompetitif nasional di tahun 2024 mendatang.

Sumber Berita : Salamtimor.com

Berita Terkait

IPS gelar Kegiatan Membangun Budaya Literasi Sains, Numerasi, dan Bahasa Inggris Melalui Game Bagi Siswa SD di Desa Kesetnana
Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi

Berita Terkait

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Senin, 30 Oktober 2023 - 00:11 WITA

Peringati Bulan Bahasa 2023, UCB Gandeng UNDANA Kupang Gelar Seminar International Linguistik Terapan

Sabtu, 23 September 2023 - 10:47 WITA

Kembalikan Jam Sekolah Menjadi Pukul 07.00 Wita, Pj Gubernur NTT Tinjau Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kupang

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA