KOMUNITAS TIROSA KABUPATEN MIMIKA-PAPUA, SALURKAN BANTUAN KEMANUSIAAN UNTUK KORBANA BENCANA ALAM DI NTT

  • Whatsapp
Komunitas TIROSA Kabupaten Mimika-Papua menyalurkan bantuan bencana alam akibat Siklon Tropis Seroja yang mengantam NTT pada tanggal 5 April 2021 lalu.

Kota Kupang, SALAMTIMOR.COM – Komunitas TIROSA Kabupaten Mimika, Propinsi Papua  menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur.

Sebagaimana diketahui bahwa bencana alam yang dipicu oleh Siklon Tropis Seroja yang menimpa Propinsi Nusa Tenggara Timur pada tanggal 5 April 2021 lalu menimbulkan korban jiwa dan korban materi yang cukup besar. Kondisi ini menggugah semua komponen untuk tergerak memberikan bantuan kemanusiaan, termasuk Komunitas TIROSA di kabupaten Mimika-Papua.

Pantauan media Salamtimor.com, Drs. Ananias Faot, M.Si dan Yopi Lona yang mewakili Komunitas TIROSA kabupaten Mimika, Propinsi Papua mulai menyalurkan bantuan tersebut pada Jumat, 16/04/2021.

Titik penyaluran diantaranya Pos Komando Utama Tanggap Darurat Bencana NTT berupa beras 2,7 ton, mie instan 100 dus dan air mineral 100 dus. PMI Kota Kupang berupa beras 2 ton, mie instan 50 dus dan air mineral 50 dus. Susteran Asumta Kupang berupa beras 1 ton, mie instan 50 dus dan air mineral 50 dus.

Wakil Walikota Kupang sekaligus Ketua PMI Kota Kupang, dr. Herman Man saat menerima bantuan kemanusiaan dari perwakilan Komunitas TIROSA kabupaten Mimika-Papua, Drs. Ananias Faot, M,Si,

Drs. Ananias Faot kepada media ini menyampaikan bahwa, “total sumbangan yang berhasil kami galang senilai Rp. 83.000.000 dan kami berikan dalam bentuk bahan sembako seperti beras, mie instan dan air mineral. Rinciannya beras 5,7 ton, mie instan 200 karton, air mineral 200 dos. Hal ini kami lakukan setelah berkoordinasi dengan beberapa instansi sehubungan dengan kebutuhan mendesak yang dibutuhkan oleh warga pasca bencana.”

Lanjutnya, “Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak. Kami juga mendoakan agar proses recovery (pemulihan) pasca bencana yang saat ini dilakukan oleh Pemerintah Propinsi NTT dan mitra cepat selesai sehingga keadaan kembali normal. Tentu banyak kerugiaan yang ditimbulkan oleh bencana ini, tapi kita percaya bahwa Pemprov NTT dan Pemda terkait akan mampu mengatasi realitas ini.” ucap Sekretaris DPRD Kabupaten Mimika ini.

Dirinya pun menyebutkan bahwa bantuan tersebut berasal dari Anggota TIROSA di Kab. Mimika-Prop. Papua, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kab. Mimika, Gereja Persekutuan Kristen Alkitab Indonesia (GPKAI), Aksi Solidaritas Rumah Sagu (Anak Papua), Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamong Prajaan Kabupatem Mimika, PAUD ABRAUDHAH Kab. Mimika.

Ketua PMI Kota Kupang sekaligus Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man, secara simbolis menerima bantuan kemanusian di Posko PMI Kota Kupang  dari perwakilan Komunitas TIROSA Mimika-Papua.

Dirinya mengucapkan terima kasih untuk kepedulian komunitas TIROSA di kabupaten Mimika-Papua yang diwujudnyatakan dalam  bantuan sembako. Herman juga menyatakan bahwa pihaknya tidak mampu membalas apa yang diberikan oleh saudara-sauadara di Papua, dan Ia berjanji akan segera mendistribusikan kepada warga terdampak yang benar-benar membutuhkan.

Redaksi STC

Pos terkait