Lakukan Pelayaran Perdana, Dharma Kartika III Layani Rute Maumere-Makasar

- Redaksi

Kamis, 9 September 2021 - 01:26 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 11 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MAUMERE, SALAMTIMOR.COM – Untuk pertama kalinya, setelah sekian lama tidak beroparasi, PT. Dharma Lautan Utama (DLU) kembali mengoperasikan armada berupa Kapal Roro di Pelabuhan Lorens Say Maumere. Sejak hari ini, Rabu (08/09/2021), Kapal Roro dengan nama Dharma Kartika III ini mulai beroperasi dan melayani rute Maumere-Makasar.

Kepada media, Rabu (08/09/2021), Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo setelah meninjau seluruh bagian kapal menyampaikan, setelah sekian tahun DLU tidak pernah menyinggahi pelabuhan Maumere maka Pemerintah Kabupaten Sikka menyurati PT. DLU untuk meminta agar Armadanya bisa beroperasi lagi.

“Hari ini saya meninjau pelayaran perdana setelah sekian lama, sekian tahun, dari DLU tidak pernah lagi singgah di Maumere, sehingga pemerintah Kabupaten Sikka menyurati DLU meminta agar armadanya bisa beroperasi lagi,” jelas Bupati.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Bupati Robi Idong, dalam surat yang disampaikan kepada pihak DLU (Dharma Lautan Utama), Pemerintah Kabupaten Sikka meminta agar aramandanya bisa beroperasi lagi dengan rute Maumere-Makasar PP singga Selayar dan juga Maumere-Surabaya PP.

Dengan kembali beroperasinya Kapal Roro milik PT. Dharma Lautan Utama ini, tutur Robi Idong, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka tentunya bergembira karena ini tentunya bisa mendongkrak perekonomian di Kabupaten Sikka dan Flores pada umumnya, kata Bupati.

“Ini merupakan kabar gembira. Silahkan kita menggunakan ini dimasa pandemi tentunya protokol kesehatan harus tetap kita ikuti bersama-sama, dan pemerintah akan memfasilitasi pada sektor-sektor esensial seperti pada tranaportasi laut ini sesuia dengan ketentuan yang ada,” ucap Robi Idong yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Sikka ini.

Saat yang sama, General Manager, PT.Pelindo III Persero, Erry Ardiyanto mengatakan, sebagai pengelola terminal pihaknya sangat berbahagia luar biasa karena ini merupakan langkah awal kita untuk menuju kemajuan Sikka.

Menurutnya dengan adanya pelayaran ini maka, geliat ekonomi akan segera tumbuh dengan logistik yang lebih mempermudah antara Makasar dengan Maumere dan dalam waktu yang lebih singkat sembari berharap agar biaya logistiknya lebih murah sehingga masyarakat lebih bisa menjangkau untuk itu, kata Ardiyanto.

Manager PT. Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Maumere, Iwan Prasetyo mengatakan bahwa kedepannya juga akan ada pelayaran yang melayani Rute Maumere-Surabaya. Namun saat ini armadanya masih sementara dalam renovasi.

Untuk itu, ia berharap adanya kerja sama dari semua pihak yang ada di Kabupaten Sikka agar secepatnya armada yang melayani rute Maumere-Surabaya ini bisa terealisasi. Ia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sikka yang selalu merespon dengan cepat proses perijinan yang dilakukan oleh PT. Dharma Lautan Utama. (Frans Dhena)

Berita Terkait

Bupati Sikka Kabulkan Tuntutan Majelis Pendidikan Keuskupan

Berita Terkait

Rabu, 20 Maret 2024 - 13:36 WITA

IDRIP NTT Gelar Rakor Triwulan I Tahun 2024 Tingkat Provinsi

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Jumat, 3 November 2023 - 21:07 WITA

Diprediksi Bertahan Hingga Februari 2024, BMKG Ungkap Dampak El Nino

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA