Lantik 127 Kepala Desa Terpilih, Pesan Bupati TTS: Hindari Perbuatan Yang Berbau KKN

  • Whatsapp

SoE, Salamtimor.com — Bupati Timor Tengah Selatan, Egusem Piether Tahun, ST, MM., resmi melantik 127 Kepala Desa Terpilih pada Kamis, (11/08/2022) bertempat di Taman Wisata Bu’at tepat pukul 09.00 Wita.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Bupati TTS Jhony Army Konay, Ketua DPRD Propinsi NTT Ir. Emelia J. Nomleni, Wakil Ketua DPRD Propinsi NTT DR. Inche D.P. Sayuna, SH, M.Hum, MKN., Wakil Ketua DPRD TTS Relygius L. Usfunan, SH., Sekda TTS Drs. Seperius E. Sipa, Pimpinan OPD lingkup PEMDA TTS dan ribuan masyarakat yang tampak memenuhi tenda pelantikan.

Dalam sambutannya, Bupati TTS menegaskan kepada para Kepala Desa yang dilantik bahwa, “rakyat telah memberikan kepercayaan kepada saudara/i untuk menjadi pemimpin bagi masyarakat desa. Oleh karena itu, saya tegaskan agar secara berjenjang selalu berkoordinasi dengan pemerintah tingkat kecamatan dan kabupaten. Senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga desa termasuk tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan lain-lain dalam upaya menjalankan amanat sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati TTS juga menyinggung tentang tugas pelayanan yang diatur dalam pasal 26 UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa. Sedangkan kewajiban dan larangan diatur dalam pasal 27 s.d pasal 30 dengan sejumlah aturan pelaksanaanya sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan, dan pemberdayaan, hendaknya Kepala Desa menjadikannya sebagai pedoman serta panduan dalam pelaksanaan tugas.

Bupati E.P. Tahun juga mengingatkan dalam pengelolaan Dana Desa, Kepala Desa perlu memiliki ketegasan sikap dan memantapkan komitmen untuk menghindari perbuatan yang berbau koruptif, kolusi dan nepotisme. Serta ketegasan sikap untuk berpegang teguh pada kode etik dan kode profesi sebagai Kepala Desa.

Wempy Biliu, Kepala Desa Basmuti Periode 2022-2028.

Salah satu Kepala Desa terpilih, Wempy Biliu saat ditemui media ini mengatakan bahwa, “Dana Desa tidak cukup membangun desa. Oleh karena itu, pemerintah desa akan berkolaborasi dengan pihak swasta dalam hal penanganan masalah air bersih, rumah layak huni, dan lain-lain sehingga target saya membangun desa selama 6 tahun ke depan menjadi lebih baik,” ungkap Kades terpilih Basmuti ini.

Dari total 136 Desa yang ikut pemilihan Serentak di Kabupaten TTS pada tanggal 25 Juli 2022 lalu, 127 Kepala Desa telah resmi dilantik. Sementara 9 Desa lainnya masih bermasalah sehingga masih dalam proses penyelesaian.

Penulis: Wulan Fallo

Pos terkait