Mahasiswa dan Dosen UPG 45 NTT Mengadakan Pengabdian Masyarakat di SLB Oelamasin

  • Whatsapp

KAB. KUPANG, SALAMTIMOR.COM — Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bentuk pembelajaran bagi mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar area kampus dan mampu menangani masalah yang berkaitan di masyarakat sesuai tri darma perguruan tinggi.

Hal inilah yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Persatuan Guru 1945 NTT (UPG 45 NTT) khususnya Program Studi Bimbingan dan Konseling dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat yang di gelar di SLB Oelmasin Kubupaten Kupang.

Kegiatan program pengabdian Masyarakat
di pimpin langsung oleh Temy M.E. Ingunau, S.Pd., M.M (Dekan FKIP UPG 45 NTT) bersama Rudolof J. Isu, S.Pd., M.Hum (Wakil Dekan bagian Akademik) dan sejumlah dosen lainnya.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 9 Desember 2021 dan dilaksanakan di SLB Oelmasin Kubupaten Kupang NTT dengan tema ”Pendampingan terhadap Siswa Disabilitas yang Mengalami Masalah Belajar di SLB Oelmasin Kabupaten Kupang NTT”.

Dalam sambutannya Ketua Program Studi Bimbinganm dan Konseling FKIP UPG 1945 NTT Ferdinan L. Lopo, S.Pd,. M.Pd mengatakan bahwa, “dalam belajar, siswa SLB Oelamasin terkadang lancar, tekadang tidak lancar, tekadang dapat cepat memahami apa yang dipelajari, tekadang amat sulit memahami, tekadang sangat tinggi memahami, terkadang jenuh dan bosan serta sulit berkomunikasi, dan lain sebagainya.” ucap Ferdinan.

Lanjut Ferdina, “Mendidik dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar harus mempunyai kemampuan dan ketrampilan lebih untuk memahami kekurangan yang ada pada siswa SLB Oelmasin agar kegiatan belajar mengajar dapat terus berjalan dengan maksimal tanpa ada hambatan-hambatan yang ada. Tentu saja selain dibutuhkan metode dalam mengajar pada anak berkebutuhan khusus, dibutuhkan pula kesabaran untuk menghadapi siswa SLB.” kata Ferdinan.

“Untuk itu, Tim PKM Progdi BK FKIP UPG 1945 NTT akan terus berupaya memberikan yang terbaik kepada siswa SLB Oelmasin dalam pendampingan belajar sesuai MoU (Perjanjian Kerja Sama) antar Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Persatuan Guru 1945 NTT dengan Sekolah Luar Biasa Oelmasin Kabupaten Kupang.”

Sementara itu, Yusuf Kande, S.Pd.K selaku Kepala SLB Oelmasin Kabupaten Kupang NTT, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “SLB Oelmasin sangat antusias menerima kedatangan rombongan Bapak/Ibu Dosen beserta mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakulktas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Persatuan Guru 1945 NTT.”

Yusuf Kande juga mengatakan bahwa dalam masa jabatannya sebagai Kepala SLB Oelmasin, ini adalah kali pertamanya kampus yang berada di Republik Indonesia terkhususnya di Propivsi NTT yang mendatangi mereka dengan jumlah yang banyak.

Kande juga berharap rombongan tersebut juga bisa merasakan apa yang selama ini mereka rasakan dalam mendampingi, membimbing, melatih dan memberikan motivasi bagi siswa SLB Oelmasin Kabupaten Kupang.

Lanjut Yusuf, “Kami dari pihak sekolah baik saya selaku kepala sekolah dan bapak/ibu guru, kepala asrama dan siswa/i SLB Oelmasin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UPG 1945 NTT, FKIP program studi Bimbingan dan Konseling.” tutunya. (**Tim ST)

Editor: Inyo Faot

Pos terkait