Home / TTS

Mahasiswa Pasca Sarjana IAKN Kupang Gelar Seminar Moderasi Umat Beragama di Desa Sei

- Redaksi

Minggu, 28 November 2021 - 09:15 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 0 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SoE, SALAMTIMOR.COM – Sejumlah mahasiswa pendidikan pasca Sarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang Kelas C, Semester I, Tahun 2021menggelar Seminar bertemakan “Moderasi Umat Bergama” dengan sub tema “Beda itu Katong, Katong Indonesia.”

Seminar Moderasi Beragama ini bertujuan untuk mensosialisasikan kerukunan hidup antar umat bergama ditengah masyarakat yang majemuk sesuai dengan filsafat pancasila dan bhineka tunggal ika.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 November 2021 bertempat di SMTK Manekat Sei, Jln. CH Boimau, Desa Sei, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Nara sumber yang memaparkan materi pada seminar tersebut diantaranya, Jefrianus Taneo, S. Pd (mahasiswa Pascasarjana), Erwin Suan, S. Pd.K (mahasiswa Pascasarjana), Dr. Hendrik A. E. Lao, M. Pd (dosen IAKN Kupang) dan Drs. Yorhans S. Lopis, M.Si (Kepala Biro IAKN Kupang).

Drs. Yorhans Lopis, M.Si (Kepala Biro Administrasi Umum Kemahasiswaan dan Akademik IAKN Kupang. (Foto: ST/Inyo)

Kepada wartawan Salamtimor.com, Drs. Yorhans S. Lopis, M.Si menyampaikan bahwa, “kegiatan seminar ini akan memberikan dampak positif. Kita tau Indonesia ini penuh dengan berbagai keberagaman sehingga jika keberagaman ini tidak kita kelola dengan baik, maka akan timbul berbagai macam persoalan.” ucap Yorhans.

Lanjut Yorhans, “Kementrian Agama melalui bidang pendidikan termasuk IAKN Kupang mau menyampaikan materi-materi moderasi beragama kepada mahasiswa dan masyarakat supaya masyarakat mengetahui bahwa moderasi beragama sagat penting sehingga Masyarakat dapat menerima keberagaman adanya toleransi antar umat beragama.”

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Mata Kuliah Filsafat Pancasila IAKN Kupang, Dr. Lanny Koroh, M.Hum menyampaikan bahwa, ”sebagai dosen pasca sarjana, awal semester saya melihat bahwa ada interaksi dan komunikasi-komunikasi di ruang kelas dan saya melihat mereka mempunyai kemampuan analisis yang baik sehingga saya merasa bahwa mereka ini layak untuk mengadakan sebuah seminar. Oleh karena itu, saya mempercayakan kelas mereka untuk mengadakan seminar dengan tema “Moderasi Umat Bergama” dan sub tema “Beda itu Katong, Katong Indonesia.” sahut Lanny

Dr. Lanny Koroh, M. Hum, Dosen Mata Kuliah Filsafat Pancasila IAKN Kupang. (Foto: ST/Inyo)

Lanjut Lanny, “mereka saya minta untuk melihat isu-isu atau masalah-masalah yang ada disekitar, baik itu dalam lingkungan kerja maupun masyarakat.”

“Bagaimanapun, sebagai seorang akademisi, mahasiswa pasca sarjana harus mempunyai kemampuan dan kualitas lebih serta memiliki daya analisis tajam yang mampu membawa masalah-masalah agar dianalisis dengan teori-teori ilmiah, dan mereka juga harus mampu mengupasnya pada ruang-ruang akademisi.” ujar Lanny

Lebih lanjut kata Lanny, “program akademik harus diciptakan sehingga bukan saja diruang kelas namun dapat dibawa keluar ke masyarakat sehingga masyarakat turut menikmati dan dapat turut merasakan hasil-hasil Analisis di ruang akademisi.” bebernya.

“Saya memang sangat bangga sekali dengan hasil ini, karena walaupun mereka masih semester satu pasca sarjana, tetapi mereka sudah mampu membuat satu hal yang sangat bernilai.” katanya.

“sebagai dosen, tentunya kami sangat berharap agar mahasiswa-mahasiswa kami bisa tampil dan memberi nilai tambah di tengah-tengah masyarakat. Jadi tidak hanya mengejar nilai di transkip atau mengejar ijazah dan gelar semata. Tapi mesti bermanfaat bagi masyarakat melalui ilmu yang diperoleh di perguruan tinggi.” tutup Lanny.

Sementara itu Kepala SMTK Manekat Sei, Charles R.S. Nabunome mengucapakan terima kasih banyak kepada pihak IAKN Kupang khususnya Mahasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Kelas C, Semester I, Tahun 2021 yang telah memilih dan menggelar seminar tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada IAKN Kupang melalui Mahasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Kelas C, Semester I, Tahun 2021 bersama para dosen dan narasumber yang memilih tempat kami untuk berbagi ilmu. Kami percaya bahwa kegiatan ini membawa manfaat besar bagi masyarakat di Desa Sei dan sekitarnya.” kata Charles

Penulis: Inyo Faot

Berita Terkait

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi
Hadiri Hari Bhakti PU, Bupati TTS Tegaskan ASN Harus Netral Pada Pemilu 2024

Berita Terkait

Rabu, 20 Maret 2024 - 13:36 WITA

IDRIP NTT Gelar Rakor Triwulan I Tahun 2024 Tingkat Provinsi

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Jumat, 3 November 2023 - 21:07 WITA

Diprediksi Bertahan Hingga Februari 2024, BMKG Ungkap Dampak El Nino

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA