Home / TTS

Penuhi Nutrisi Anak Stunting, Institut Pendidikan SoE Gelar Pelatihan Pengelolaan Pangan Lokal di Desa Tetaf

- Redaksi

Senin, 27 Maret 2023 - 06:27 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 44 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TTS, Salamtimor.com – Sebagai upaya penanganan dan pencegahan stunting di kabupaten Timor Tengah Selatan, maka Institut Pendidikan SoE melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) menggelar kegiatan Pelatihan Pengelolaan Pangan Lokal Bagi Orang Tua Anak Paud Di Desa Tetaf Untuk Pemenuhan Nutrisi Anak Stunting.

Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada Senin, (27/03/2023) bertempat di aula Kantor Desa Tetaf, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Desa Tetaf dipilih sebagai tempat pelaksanaan PkM karena memiliki prevalensi stunting tertinggi dalam 2 tahun terakhir ini.

Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk menambah pemahaman dan meningkatkan keterampilan bagi ibu rumah tangga di desa Tetaf dalam pengolahan bahan pangan lokal sayuran menjadi stik sayuran untuk pemenuhan nutrisi anak terutama anak stunting.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala desa Tetaf, diperoleh permasalah prioritas yaitu masalah stunting. Masyarakat desa belum memanfaatkan pangan lokal berupa tanaman holtikultura (sayur) sebagai potensi yang merupakan sumber nutrisi bagi bagi anak dan/atau keluarga.

Selain itu, pemahaman masyarakat dalam penanganan stunting ini hanya terbatas pada pemberian makanan bergizi. Padahal ada faktor lain yang menyebabkan stunting yakni perilaku atau kebiasaan hidup bersih dan sehat dari setiap anggota keluarga, terlebih untuk anak.

Ketua Pelaksana kegiatan, Dens E. S. I. Asbanu, S.Si, M.Pd kepada media ini menyampaikan bahwa desa Tetaf dipilih sebagai mitra dalam kegiatan PKM ini karena angka stuntingnya cukup tinggi.

Dens memaparkan bahwa kegiatan ini meliputi tahapan perencanaan yaitu penetapan penyusunan jadwal kegiatan yang dilaksanakan oleh tim pengabdian bersama dengan mitra yaitu pihak desa Tetaf. Selanjutnya yaitu tahapan persiapan pelaksanaan kegiatan, yang meliputi persiapan alat, bahan, tempat dan perizinan.

Lanjut Dens, langkah selanjutnya adalah pelaksanaan pelatihan pengelolaan sayuran menjadi stik yang memiliki nilai gizi bagi pemenuhan nutrisi anak stunting di desa Tetaf dengan sasarannya adalah orangtua khususnya Ibu Rumah Tangga.

“Pelatihan kepada masyarakat Desa Tetaf juga melibatkan ahli pada Bidang Pangan dan Gizi dari Puskesmas setempat untuk membantu dalam penyuluhan tentang kesehatan kepada ibu rumah tangga tentang perkembangan anak usia dini dan nutrisi sayuran oleh ahli pada Bidang Pangan dan Gizi dari Puskesmas Tetaf,” jelas Dens.

Sambung Dens, “tahapan terakhir yaitu tahap evaluasi dengan bentuk evaluasi kegiatan yang akan dilakukan 1 minggu setelah kegiatan berlangsung dengan memberikan kuesioner bagi peserta pelatihan yaitu orang tua dan melakukan observasi terhadap keseharian dari anak stunting melalui rekan mahasiswa yang ditempatkan pada desa mitra dan juga melalui orang tua.”

“Adapun indikator untuk melihat ketercapaian tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu orang tua mampu membuat dan menghasilkan stik sayuran yang sehat dan menarik minat anak untuk mengkonsumsinya agar menjadikan anak memiliki gaya hidup atau pola hidup bersih dan sehat,” urai Dens.

“Pelaporan pelaksanaan kegiataan dibuat dan disampaikan hasilnya kepada Kepala Desa Tetaf, Kecamatan Kuatnana dan LP3M Intitut Pendidikan SoE. Sementara target yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah 80% orang tua yang mengikuti kegiatan pelatihan di Desa Tetaf mampu membuat dan menghasilkan stik sayuran dan 80 % anak stunting di desa Tetaf sadar pola hidup bersih dan sehat,” tutup Dens.

Pantauan media ini, Tim yang hadir dari Institut Pendidikan SoE dianataranya, Dens E. S. I. Asbanu, S.Si, M.Pd (Ketua Panitia), bersama anggota-anggota yakni Angreni B. Liunokas, M.Si, Alfonsa M. Abi, M.Pd Ermes Baun, A, Ma.Pust.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Desa Tetaf, Yulius Talan, bersama perangkat desa. Kegiatan ini melibatkan ibu-ibu PKK desa Tetaf yang berjumlah 19 orang, dan 11 orang anak PAUD. (RED STC)

Berita Terkait

Beredar Foto Syur Mirip ET di Facebook, Kepala BKPSDM TTS Mengaku Sudah BAP Bersangkutan
IPS gelar Kegiatan Membangun Budaya Literasi Sains, Numerasi, dan Bahasa Inggris Melalui Game Bagi Siswa SD di Desa Kesetnana
Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:15 WITA

Dapat Ancaman Foto atau Video Pribadi Akan Disebar? Segera Lakukan Ini!

Rabu, 12 Juni 2024 - 20:28 WITA

Ini Alasan Tersangka AP Ancam Sebarkan Foto & Vidio Ria Ricis

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:15 WITA

Sebar Foto Istri Tetangga tanpa Busana, Pria di Lampung Timur Ditangkap

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:08 WITA

AP Retas Ponsel Milik Ria Ricis Untuk Melakukan Pengancaman dan Pemerasan

Selasa, 11 Juni 2024 - 23:43 WITA

Polisi Temukan Unsur Pidana Kasus Ancaman & Pemerasan Terhadap Ria Ricis

Selasa, 11 Juni 2024 - 20:11 WITA

AP Pelaku Pemerasan Ria Ricis Jadi Tersangka dan Ditahan

Selasa, 11 Juni 2024 - 19:32 WITA

Nasib DJ East Blake Sebar Foto dan Video Mesum Bareng Pacar, Kini Dijerat Pasal Pornografi

Senin, 10 Juni 2024 - 22:25 WITA

Sebarkan Foto dan Vidio Mesum Bareng Pacar, Remaja 19 Tahun Ditangkap Polisi

Berita Terbaru

Hukum Kriminal

Dapat Ancaman Foto atau Video Pribadi Akan Disebar? Segera Lakukan Ini!

Jumat, 14 Jun 2024 - 17:15 WITA

Hukum Kriminal

Ini Alasan Tersangka AP Ancam Sebarkan Foto & Vidio Ria Ricis

Rabu, 12 Jun 2024 - 20:28 WITA