Peringati HUT IBI Ke-71, PD IBI NTT dan PC IBI Kota Kupang Gelar Upacara Bersama

  • Whatsapp

Kota Kupang, Salamtimor.com – Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tingkat Propinsi NTT, bersama Pengurus Cabang IBI Kota Kupang menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun IBI yang ke-71.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 24 Juni 2022 bertempat di Pustu Tenau, Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang, dengan mengusung tema, “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju.”

“Dalam sambutannya, Ketua Panitia menyampaikan bahwa peringatan hari bidan nasional ini diadakan sebagai apresiasi kepada profesi bidan, sekaligus untuk memberikan informasi, dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya peran bidan.”

“Hari bidan nasional diadakan bertepatan dengan hari ulang tahun organisasi Ikatan Bidan Indonesia yang ke 71. Organinasi IBI (Ikatan Bidan Indonesia) sendiri terbentuk melalui konfrensi dari senior-senior di Jakarta yang kemudian meletakkan pondasi serta arah perjuangan bagi para bidan.”

“Dalam konfrensi IBI pertama juga di rumuskan tujuan organisasi IBI dan kesepakatan untuk menjadikan IBI sebagai satu-satunya wadah organisasi bagi bidan seluruh Indonesia.  Pada tanggal 12 Oktober 1954, IBI di sahkan menjadi organisasi berbadan hukum serta terdaftar oleh lembaga negara.”

Tanggal 24 Juni 2022 tahun ini, IBI genap berusia 71 tahun, usia yang sangat matang dengan banyak pengalaman yang sudah dilalui sebagai organisasi profesi.

Lanjut ketua panitia, “pengalaman adalah kekayaan untuk menyongsong masa depan yang penuh tantangan, dan salah satunya adalah liberalisasi pelayanan kesehatan dalam era digitalisasi revolusi, industri.”

“Untuk itu, IBI perlu melakukan konsolidasi dan advokasi ke semua stakholder terkait untuk penguatan profesi dan menyiapkan anggota dalam menghadapi tantangan tersebut. Hari ini merupakan hari yang sangat tepat untuk merenung apa yang telah dicapai serta kendala apa yang di hadapi,  khususnya dalam menghadapi tantangan dari dalam maupun luar organisasi, serta untuk menyongsong, masa depan yang lebih baik,” katanya.

Tanggal 13 Februari 2019, DPR dan pemerintah telah mengesahkan UU Nomor 4 tahun 2019 tentang Kebidanan. Hal ini merupakan sebuah capaian setelah melalui perjalanan panjang oleh sebuah organisasi profesi.

Lahirnya UU kebidanan diharapkan dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat dan bidan dalam mewujudkan pelayanan kebidanan yang lebih baik dan berkualitas.

Adapun tujuan khusus menyelenggarakan kegitan hari ulang tahun organisasi IBI tahun 2022 di tiap jenjang kepengurusan, yakni meningkatkan rasa memiliki,  kepedulian, dan kecintaan anggota kepada organisasi IBI, meningkatkan persatuan bidan dalam wadah Ikatan Bidan Indonesia, melakukan refleksi dan evaluasi untuk perbaikan wadah organisasi.

Penulis: Ot Seo

Pos terkait