Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ende Hadir di Desa Fatamari Membawa 500 Buku Bacaan

  • Whatsapp

Ende, Salamtimor.com — Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ende hadir membawa buku-buku bacaan di SMP Swasta Dona Mart dan SMK St. Ignasius, One Seven, Desa Fatamari, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende, NTT pada Selasa (04/10/22).

Perpustakaan Keliling tersebut hadir dengan membawa 500 judul buku. Masing-masing judul terdapat tiga eksemplar berjenis fiksi dan non fiksi untuk usia sekolah SMP dan SMK.

Kepala Seksi Pelayanan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ende, Paul Lobato yang ditemui di lokasi sekolah menyampaikan bahwa, “kami adalah bagian dari instansi publik yang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang perpustakaan seperti ke sekolah-sekolah, taman baca – taman baca dan tempat – tempat lainnya,”

Lanjutnya, “Yang terpenting dengan hadirnya perpustakaan ini dapat membuka cakrawala dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak-anak maupun masyarakat umum. Selain itu, hadirnya perpustakaan keliling ini juga untuk menambah pengetahuan bagi siswa diluar dari apa yang diajarkan di kelas,” jelas Paul.

Menurut Paul, pihaknya menyediakan banyak judul buku agar anak-anak bebas memilih buku sesuai dengan minatnya masing-masing. Wilayah pelayan Perpustakaan Keliling ini adalah seluruh wilayah Kabupaten Ende, dari kota hingga ke pelosok. Paul berharap masyarakat lebih aktif mengundang perpustakaan keliling.

“Administrasi untuk mendatangkan Perpustakaan Keliling sangat mudah, hanya dengan mengirim surat undangan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, maka Perpustakaan Keliling siap hadir,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang siswi SMK St. Ignasius, One Seven, Pretty mengaku senang dengan kehadiran Perpustakaan Keliling.

“Sering-seringlah datang ke sekolah dan desa kami, jangan hanya tiga jam. Karena kami belum selesai membaca bukunya. Sesekali datang ke sekolah kami selama seminggu begitu, biar kami bisa membaca banyak judul buku. Tapi terima kasih kepada tim perpustakaan keliling yang sudah hadir di sekolah kami,” ungkap siswa kelas X tersebut.

Siswa lainnya, Vincent mengapresiasi kehadiran tim perpustakaan keliling.

“Tim Perpustakaan Keliling yang jauh-jauh datang dari Kota Ende ke sekolah ini, kami ucapkan banyak terima kasih. Kami berharap agar buku-buku ini juga bisa lebih, karena kami belum selesai baca hari ini. Semoga ada perpustakaan di desa kami,” harap siswa SMP Swasta Dona Mart tersebut.

Pantauan media, tim Perpustakaan Keliling yang berjumlah lima orang hadir disekolah tersebut selama tiga jam, dengan memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk bebas membaca buku-buku yang telah disediakan.

Terpantau siswa-siswi SMK St Ignasius, One Seven dan SMP Swasta Dona Mart sangat antusias membaca buku-buku yang disediakan oleh perpustakaan keliling.

Penulis: Ot Seo

Pos terkait