Pj. Gubernur NTT Bersama 3 Bupati dari NTT Raih Penghargaan IGA 2023

- Redaksi

Rabu, 13 Desember 2023 - 17:52 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 105 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta, Salamtimor.com — Bertempat di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa (12/12/2023) digelar Acara Innovative Government Award (IGA) 2023. Acara ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, serta Gubernur, Bupati dan Walikota penerima Penghargaan.

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, SH., MDC bersama Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, Bupati Sumba Barat Daya dr. Kornelius Kodi Mete, Bupati Sumba Timur Drs. Khristofel Praing, M.Si dan juga Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT Dr. Alfonsus Theodorus juga hadir dalam acara tersebut.

Untuk diketahui, Innovative Government Award (IGA) ialah kegiatan penilaian dan penghargaan tahunan dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Pemerintah Daerah atas keberhasilannya melakukan inovasi di bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Penghargaan yang dilaksanakan sejak tahun 2007 tersebut merupakan apresiasi pada pemerintah daerah yang telah menerapkan inovasi perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian Indeks Inovasi Daerah yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui dalam penilaian tersebut, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, dan terkahir validasi lapangan.

Pada kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan arahan pada para kepala daerah “Harapan kami di Kemendagri, inovasi jangan hanya untuk mendapatkan award, tetapi inovasi untuk membuat suatu sistem yang baik, kalau sistemnya sudah baik, siapapun yang mengawakinya, sistem tersebut akan terus berjalan dan berkelanjutan, tidak tergantung sosok atau figur kepala daerah, karena kesuksesan dalam sebuah inovasi adalah membangun sistem,” ujar Tito Karnavian.

Penghargaan IGA 2023 diserahkan pada Pemerintah Daerah yang terbagi dalam 10 kategori yaitu Kategori Daerah Tertinggal, Kategori Daerah Perbatasan Terinovatif, Kategori Kota Terinovatif, Kategori Kabupaten Terinovatif, Kategori Provinsi Terinovatif, Kategori Provinsi Sangat Inovatif, Kategori Kabupaten Sangat Inovatif, Kategori Kota Sangat Inovatif, Kategori Skor Tertinggi Regional, dan Kategori Pengirim Tercepat Inovasi.

Pada Kategori Daerah Tertinggal Terinovatif terdapat 3 Kabupaten dari Provinsi NTT yang mendapatkan Penghargaan IGA 2023 yaitu Kabupaten Belu dengan inovasi unggulan Si-Penata RTLH dan Inovasi Cakes Belu, Kabupaten Sumba Barat Daya dengan inovasi unggulan PBB Online dan Inovasi Dewi Pero Konda dan Kabupaten Sumba Timur dengan inovasi unggulan Siberweb dan inovasi Pengendalian Belalang Kembara Secara Gotong Royong.

Pada Kategori Provinsi Sangat Inovatif terdapat 2 provinsi di Indonesia yang mendapatkan Penghargaan IGA 2023 yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya, penyerahan Penghargaan IGA 2023 dari Kategori Daerah Tertinggal Terinovatif diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dan dari Kategori Provinsi Sangat Inovatif diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Berita Terkait

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV
Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi
Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap
IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor
Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah
Diprediksi Bertahan Hingga Februari 2024, BMKG Ungkap Dampak El Nino
IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III
Peringati Bulan Bahasa 2023, UCB Gandeng UNDANA Kupang Gelar Seminar International Linguistik Terapan

Berita Terkait

Sabtu, 3 Februari 2024 - 22:58 WITA

Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana

Selasa, 19 Desember 2023 - 11:12 WITA

Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP

Minggu, 10 Desember 2023 - 23:03 WITA

Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal

Kamis, 7 Desember 2023 - 09:21 WITA

Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC

Selasa, 5 Desember 2023 - 23:52 WITA

Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi

Selasa, 5 Desember 2023 - 16:53 WITA

Hadiri Hari Bhakti PU, Bupati TTS Tegaskan ASN Harus Netral Pada Pemilu 2024

Sabtu, 2 Desember 2023 - 23:34 WITA

Upah Masyarakat Pekerja Jalan Rabat Belum Dibayarkan, Ini Penjelasan Kepala Desa Hoi

Rabu, 29 November 2023 - 17:29 WITA

Gigitan HPR di Kabupaten TTS Capai 2.132 Kasus, 11 Orang Meninggal Dunia

Berita Terbaru