Home / TTS

PUTUSAN PTUN NTT MEMBATALKAN SK KADES NOEMUKE TENTANG PENGANGKATAN PERANGKAT DESA

- Redaksi

Rabu, 24 Februari 2021 - 13:28 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 0 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Keterangan Foto: Ketua DPC POSPERA TTS, Yerim Yos Fallo (Tengah) dan para Penggugat Pengangakatan Perangkat Kepala Desa Noemuke, Dikson Esau Baker dan Sandi Eki Be'is.

Keterangan Foto: Ketua DPC POSPERA TTS, Yerim Yos Fallo (Tengah) dan para Penggugat Pengangakatan Perangkat Kepala Desa Noemuke, Dikson Esau Baker dan Sandi Eki Be'is.

SoE, SALAMTIMOR.COM – Sengketa pengangkatan perangkat desa Noemuke, kecamatan Amanuban Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan yang disengketakan di Pengadilan Tata Usaha Negara Provinsi Nusa Tenggara Timur berakhir dengan adanya putusan Majelis Hakim.

Sesuai tahapan sidang gugatan, maka Selasa 23 Februari 2021, Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui web site resminya, memutuskan untuk mengabulkan gugatan para penggugat yakni Saudara Deki Baker Cs untuk seluruhnya, dan menyatakan membatalkan Keputusan Kepala desa Noemuke nomor: 9/KEP/DS.NOEMUKE/2020 tentang Pengangkatan Perangkat desa Noemuke, kecamatan Amanuban Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan, tanggal 15 Agustus 2020 beserta lampirannya.

Putusan Majelis Hakim juga mewajibkan tergugat dalam hal ini Kepala desa Noemuke untuk mencabut Surat Keputusan Kepala desa Noemuke Nomor:9/KEP/DS.NOEMUKE/2020 tentang Pengangkatan Perangkat Desa Noemuke kecamatan Amanuban Selatan kabupaten Timor Tengah Selatan, tanggal 15 Agustus 2020 beserta lampirannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, Majelis Hakim juga mewajibkan tergugat untuk menerbitkan Surat Keputusan baru untuk menetapkan PARA PENGGUGAT SEBAGAI PERANGKAT DESA NOEMUKE KECAMATAN AMANUBAN SELATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Upaya untuk mencari keadilan dari dua calon perangkat desa Noemuke tersebut yakni Dikson Esau Baker dan Sandi Eki Be’is benar-benar membuahkan hasil dengan keputusan Hakim PTUN Kupang ini.

Terkait putusan ini, sebagaimana dikutip dari media Fakta Hukum, Deki Baker mengatakan bahwa, “saya secara pribadi dan mewakili saudari Sandri, merasa puas dengan hasil putusan dari Majelis Hakim yang mengadili perkara ini. Kami penggugat berterimakasih kepada Majelis Hakim yang sudah memberikan Keputusan yang adil benar bagi kami”.

Lanjutnya, “Langkah ini juga sebenarnya saya pilih bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi dari hasil putusan ini menjadi pembelajaran bagi teman-teman lain yang mengalami hal serupa seperti yang saya alami serta demi menegakkan kebenaran dan keadilan di bumi TTS tercinta.” Tutup Deki.

Terpisah, Ketua DPC Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Kabupaten Timor Tengah Selatan, Yerim Yos Fallo yang sejak awal berjuang bersama Deki Baker dan Sandri Be’is saat dimintai keterangan tentang hal ini mengatakan, “DPC POSPERA Timor Tengah Selatan hanya alat kecil yang di pakai Tuhan untuk terus berjuang bersama rakyat. POSPERA akan tetap berada di pihak rakyat dan yang terpenting adalah putusan ini akan menjadi Yurisprudenci atau contoh untuk menjawab semua persoalan perangkat desa di kabupaten Timor Tengah Selatan”. Ucap Yerim

Tentang langkah selanjutnya yang akan diambil POSPERA bersama Deki Cs, Yerim mengatakan, “yang pasti, kami akan merujuk pada Putusan PTUN dan akan meminta pemerintah dalam hal ini Bupati, Kepala Desa serta Dinas terkait untuk meng-eksekusi Putusan Majelis Hakim PTUN Provinsi Nusa Tenggara Timur” Pungkas Yerim…..

Penulis: Inyo Faot

Berita Terkait

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi
Hadiri Hari Bhakti PU, Bupati TTS Tegaskan ASN Harus Netral Pada Pemilu 2024

Berita Terkait

Rabu, 20 Maret 2024 - 13:36 WITA

IDRIP NTT Gelar Rakor Triwulan I Tahun 2024 Tingkat Provinsi

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Jumat, 3 November 2023 - 21:07 WITA

Diprediksi Bertahan Hingga Februari 2024, BMKG Ungkap Dampak El Nino

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA