Rumah dan Kios Ludes Terbakar di Desa Namangkewa Kabupaten Sikka

  • Whatsapp

MAUMERE, SALAMTIMOR.COM — Warga dusun Namangjawa, desa Namangkewa, kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, pada Minggu (25/07/2021) pagi dikejutkan dengan kebakaran yang terjadi pada kios dan rumah seorang warga yang berada persis di tepi jalan Trans Flores.

Salah seorang saksi mata, Hendrikus Fernandes mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 10.15 WITA. Pada saat itu saya sedang mengendarai sepeda motor dan melihat api sudah menjalar membakar sebuah kios dan rumah warga. Diketahui pemilik rumah bernama Robertus Ruamat Pelang.

Lanjutnya, api cepat membesar membuat warga yang rumahnya berdekatan dengan rumah yang terbakar panik dan berteriak minta tolong. Ada pula yang menangis histeris melihat api semakin membesar.

“Saya bersama seorang anggota polisi sempat memindahkan motor yang dalam keadaaan terbakar ke lokasi yang aman. Warga lainnya mulai menyiram air di kios dan rumah yang terbakar,” ungkap Hendrikus Fernandes.

Berselang 30 menit kemudian, petugas pemadam kebakaran dari Sat Pol PP dan Damkar datang membantu memadamkan api. Warga sudah memenuhi badan Jalan Trans Flores dan jalanan menjadi macet.

Saksi mata lainya Yunita mengatakan, dirinya melihat api berasal dari dapur yang berada diantara kios dan rumah utama milik Bapak Ruamat Pelang.

“Saat saya lihat api masih kecil, tiba – tiba bunyi kaca jendela pecah dan api mulai merambat ke rumah utama dan kios. Saat itu, saya lihat pemilik kios, Mama Adit lari dengan posisi kios sudah terbakar sebagian badan kios,” ungkapnya.

Lanjutnya, warga mulai berdatangan dan ada anggota polisi yang mulai menyiram api dengan air. Warga lain pun ikut membantu. 30 menit kemudian petugas pemadam kebakaran datang.

Wakapolsek Kewapante, Iptu Alexander Suban mengatakan api diduga berasal dari kios yang di dalam kios tersimpan bensin untuk dijual.

Saat yang sama, Camat Kewapante, Alfons Naga mengatakan bahwa dengan kejadian ini mulai besok pihaknya akan menertibkan semua pemilik kios yang berada disepanjang jalan agar menjual bensi di tempat yang aman.

Pantauan Media ini, selain 1 unit rumah dan 1 unit kios, kobaran api juga diketahui membakar 1 unit mobil serta 1 unit kendaraan bermotor.

Hingga berita ini diturunkan, api telah berhasil dipadamkan oleh petugas dari pemadam kebakaran dibantu petugas dari polres sikka dan juga warga setempat. Proses pemadaman berlangsung selama kurang lebih 47 menit. (**Tim)

Pos terkait