Rumah Terendam Banjir, Warga Desa Oni dan Kualin Mulai Kesulitan Air Bersih

  • Whatsapp

SoE, Salamtimor.com — Akibat guyuran hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi di Kabupaten TTS pada beberapa hari terakhir ternyata berdampak cukup besar hingga beberapa rumah warga terlihat tergenang banjir.

Pada Sabtu (02/07/22), terpantau dua desa di kecamatan Kualin yakni desa Oni dan desa Kualin merasakan dampak besarnya.

Arnis Kono, warga desa Kualin kepada media ini mengatakan bahwa, “kondisi sangat parah. Rumah-rumah warga terendam banjir juga banyak pohon tumbang. Akibat banjir tersebut, warga pasrah dengan keadaan tersebut,” ungkapnya.

Arnis juga menyampaikan bahwa warga kesulitan dalam mobilisasi, akses air bersih yang sulit, hingga kayu bakar yang digunakan untuk memasak juga basah terendam air.

Dirinya berharap agar segera mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk membantu masyarakat mengatasi situasi sulit yang saat ini dihadapi.

Terpisah, Kepala Pelaksanan BPBD, Drs. Yerry Otte Nakamnanu, M.Si., saat dihubungi mengatakan bahwa, “sebagai liding sektor dalam penanggulangan bencana, tentunya kami berupaya untuk memantau langsung ke lokasi sekalian mendata dan melakukan kajian untuk penanggulangan selanjutnya. Sementara dalam hal kondisi darurat, maka sesegera juga dilakukan tindakan kedaruratan,” tandas Yerry.

Yerry juga menambahkan bahwa Bupati E.P Tahun, telah mengeluarkan surat pernyataan bencana sebagai dasar penanggulangan.

Diketahui bahwa hujan deras yang melanda NTT saat ini (khususnya pulau Timor) dipicu oleh adanya badai Rossby.

Penulis: Wulan Fallo

Pos terkait