Sambut HUT Ke-20, Partai Demokrat Gelar Lomba Karya Kreatif

  • Whatsapp
Ketua DPD Partai Demokrat NTT, Dr. Jefri Riwu Kore

KOTA KUPANG, SALAMTIMOR.COM — Dalam rangka menyambut dua dekade berdirinya Partai Demokrat, maka DPP Partai Demokrat menyelenggarakan lomba karya kreatif secara berjenjang dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Perlombaan yang akan di gelar ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat pelaku industri kreatif yang terpukul akibat pandemi Covid-19 yang belum menunjukan tanda-tanda akan usai.

Tema utama lomba tersebut adalah “Demokrat Berkoalisi Dengan Rakyat”. Dari tema tersebut, maka panitia menetapkan lima sub tema yakni:
1) Penanganan Covid-19;
2) Selamatkan Ekonomi Rakyat;
3) Selamatkan Demokrasi;
4) Kedamaian dan Keadilan Untuk Rakyat;
5) Muda Adalah Kekuatan;

Setiap peserta lomba bebas memilih salah satu sub tema yang disediakan oleh panitia.

Ada enam bidang kreatif yang diperlombakan, yaitu: menyanyi, menulis, melukis dan karikatur, video pendek, fotografi, dan desain merchandise.

Total hadiah yang disediakan mencapai ratusan juta rupiah. Lomba ini juga terbuka bagi masyarakat umum maupun pekerja kreatif profesional pada masing-masing bidang, misalnya lomba menulis terdapat dua kategori, yakni jurnalis dan umum.

Pendaftaran lomba sendiri sudah dimulai sejak 9 Agustus 2021 di DPD Partai Demokrat dan juga Sekretariat DPC di setiap kabupaten/kota.

Tanggal dan waktu (deadline) memasukkan materi lomba terakhir tanggal 27 Agustus, pukul 12.00 Wita.

Selanjutnya, juri pada tingkat DPD Partai Demokrat akan menyeleksi karya-karya terbaik pada 29-31 Agustus 2021 dan mengumumkan juara 1 sampai 3 pada tanggal 1 September 2021.

juara 1 di tingkat DPD Partai Demokrat secara otomatis diikutkan dalam kompetisi nasional, yang berhadiah lebih besar. Pemenang tingkat nasional akan diumumkan pada HUT Partai Demokrat tanggal 9 September 2021.

Tidak hanya lomba kreatif, Partai Demokrat juga menyelenggarakan bulan bakti, sebagai wujud komitmen ‘Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat.’

Ada dua kegiatan selama bulan bakti ini, yakni bakti sosial dan bantuan sosial dengan sasaran utama masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman), masyarakat tidak mampu, dan para simpatisan Partai Demokrat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Semua akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus hingga 30 September 2021. Bulan bakti merupakan kelanjutan Gerakan Nasional Partai Demokrat (GNPD) Peduli & Berbagi yang telah dilaksanakan sejak awal pandemi Covid-19.

Ketua DPD Partai Demokrat NTT, Dr. Jefri Riwu Kore, pada Senin (9/8/2021) mengatakan bahwa” Partai Demokrat ikut merasakan kesulitan rakyat selama situasi pandemi Covid-19. Dengan keinginan untuk jadi bagian dari solusi, Partai Demokrat menjadikan momen peringatan dua dekade Demokrat ini untuk membantu rakyat sekaligus memelihara semangat kreatif dengan semangat ‘Demokrat Berkoalisi Dengan Rakyat’.

Lanjut Jefri, “tidak hanya aksi-aksi sosial di tengah masyarakat, Partai Demokrat juga ingin membangkitkan jiwa kreatifitas anak-anak muda, khususnya di NTT dengan menggelar berbagai lomba. Harapannya banyak anak muda tetap kreatif selama masa PPKM ini,” tutur Jeriko.

Sekretaris DPD Partai Demokrat NTT, Ferdinandus Leu menambahkan kegiatan-kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Partai Demokrat terhadap generasi muda di tengah pandemi Covid-19.

“Di tengah pandemi Covid-19, walaupun ruang gerak kita terbatas, namun kreatifitas tak boleh mati. Kita harus terus berkarya,” kata Ferdi.

Ferdinandu juga mengajak generasi muda NTT untuk berpartisipasi dalam kegiatan menyemarakkan HUT ke-20 Partai Demokrat dengan mengikuti berbagai lomba.

Bagi peserta yang ingin mendaftar silakan mendatangi Sekretariat DPD Partai Demokrat NTT di Jl. Kosasih No. 1, Kelurahan Solor, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang maupun Sekretariat DPC Partai Demokrat masing-masing kabupaten/kota.

Menariknya, kata dia, para peserta berpeluang mendapatkan dua kali hadiah, karena selain dilombakan di tingkat DPD (NTT), para peraih juara 1 di tiap kategori akan diikutkan di level DPP (pusat).

“Jadi ada kesempatan untuk menjadi juara di tingkat daerah dan juga di tingkat pusat,” ujar Ferdi.

Ketua Panitia HUT ke-20 Partai Demokrat tingkat Provinsi NTT, Stef Mira Mangngi mengatakan bahwa, “terdapat 6 mata lomba yang dilaksanakan, namun ada beberapa mata lomba terdiri dari 2 kategori. Oleh karena itu, total terdapat 10 kategori.”

Sambungnya, “Masing-masing kategori akan ditetapkan 3 peserta terbaik. Dengan demikian, total terdapat 30 peserta yang akan merebut juara 1, 2 dan 3. Kemudian panitia akan mengikutkan juara 1 tiap-tiap kategori untuk diseleksi lagi di tingkat nasional,” pungkas Stef.

Untuk informasi pendaftaran dan syarat teknis lainnya silakan menghubungi contact person di bawah ini:

1. Lomba menulis: Semy R. Balukh (082146504058)
2. Lomba menyanyi: Junita Adi (085331176018)
3. Lomba melukis dan karikatur: Yulius Malo Douzo (082145273767)
4. Lomba cipta merchandise: Alfred Letuna (085337754044)
5. Tim Sekretariat: Vera Manoe (085287728711)

Editor: Inyo Faot
Sumber : fakta hukum ntt

Pos terkait