Sambut HUT RI Ke-77, SMKN 2 SoE Gelar Berbagai Perlombaan Dengan Konsep Etnik Budaya Daerah

  • Whatsapp

SoE, Salamtimor.com — Setelah vakum selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, kini berbagai kegiatan dalam menyongsong HUT RI kembali digelar. Salah satunya SMK Negeri 2 SoE yang turut melaksanakan berbagai perlombaan dalam memeriahkan hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-77.

Kegiatan yang dilaksanakan ini merujuk pada surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi S.Pd., MM., yang mewajibkan setiap sekolah untuk melaksanakan lomba dengan jenis perlombaan diantaranya tari kreasi tradisional, lomba fashion show, dan lomba PBB bermartabat.

Kepala SMK Negeri 2 SoE, Nifron Fallo, S.Kom., saat ditemui pada Jumat, (12/08/2022) mengatakan bahwa, “dalam memperingati HUT RI ke-77, maka kami menggelar perlombaan sesuai surat edaran Dinas PK Propinsi NTT yang dilaksanakan dua hari berturut-turut terhitung tanggal 12 s.d 13 Agustus 2022,” ujar Nifron.

Lanjutnya, “kegiatan ini bertujuan meningkatkan bakat dan minat siswa/i karena selama 2 tahun kita terhalang pandemi Covid-19 sehingga para murid tidak memiliki kesempatan mengekspresikan diri, dan ini adalah kesempatan emas bagi anak-anak untuk berkreasi menggali serta meningkatkan potensi diri,” ungkap Nifron.

Nifron berharap kegiatan ini bukan hanya semata-mata sebagai ajang menunjukan gaya diri siswa/i sehingga habis begitu saja. Tetapi lebih dari itu, mempersiapkan adanya bibit-bibit yang dapat mengikuti perlombaan tingkat propinsi hingga nasional. Targetnya setelah perlombaan, sudah ada pemetaan bagi siswa/i yang memilik potensi atau minat dibagian tarian daerah, fashion show dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Perlombaan, Astin Olinda Kase, S.Pd., menyampaikan bahwa, “peserta yang mengikuti kegiatan ini diambil dari setiap jurusan per’kelas. Untuk tarian kreasi tradisional berjumlah 21 peserta. Lomba fashion show 21 peserta, dan untuk PBB bermartabat terdapat 7 regu yang di ambil dari 7 jurusan yang ada SMK Negeri 2 SoE,” jelas Astin.

Sambungnya, “Waktu dan jenis perlombaan sudah ditentukan. Untuk tanggal 12/8, lomba yang dilaksanakan adalah tarian kreasi daerah. Sementara lomba fashion show dan PBB bermartabat digelar tanggal 13/8. Sumber dana yang digunakan untuk menyukseskan kegiatan ini diambil dari dana Komite SMK Negeri 2 SoE,” tutup Astin.

Penulis: Wulan Fallo

Pos terkait