SATGAS NTT PEDULI KEPULAUAN RIAU GELAR DOA BERSAMA DAN MENGGALANG DANA UNTUK BANTU KORBAN BENCANA ALAM DI NTT

  • Whatsapp
Malam Doa Bersama Tokoh Lintas Agama asal NTT di Kepulauan Riau, Senin, 12/04. (Foto: Wasti Naitboho, STC)

Batam, SALAMTIMOR.COM – Satuan Tugas (Satgas) NTT Peduli-Kepulauan Riau menggelar kegiatan penggalangan dana untuk membantu warga terdampak bencana alam di Nusa Tenggara Timur akibat Siklon Tropis Seroja yang melanda beberapa wilayah di NTT pada tanggal 5 April lalu.

Aksi solidaritas yang dilakukan oleh Satgas NTT Peduli Kepri ini, diawali dengan dikerahkannya sejumlah anggota Satgas ke beberapa titik lampu merah untuk melakukan galang dana. Kegiatan tersebut telah berlangsung sejak Jumat, (9/4/2021) lalu.

Tampak Anggota Satgas NTT-Peduli Kepulauan Ria menggelar aksi penggalangan dana untuk korban bencana alam di NTT.

Berdasarkan Informasi yang diperoleh dari PUSDALOPS-PB BNPB, bencana alam yang terjadi di NTT berupa banjir, longsor serta angin puting beliung, bermula dari hujan dengan intensitas yang tinggi sejak 3 April lalu dan berakibat siklon seroja yang telah banyak menelan korban jiwa serta kornban materi berupa hancurnya rumah-rumah penduduk dan hilangnya ternak-ternak warga yang terseret arus banjir tersebut.

Beberapa wilayah di NTT yang terdampak bencana, diantaranya; Kota Kupang, Kab. Flores Timur, Kab. Malaka, Kab. Lembata, Kab. Ngada, Kab. Sumba Tengah, Kab. Sumba Barat, Kab. Sumba Timur, Kab. Rote Ndao, Kab. Ende, Kab. Sabu Raijua, Kab. Alor, Kab. Kupang, Kab. Belu, Kab. Timor Tengah Utara, dan Kab. Timor Tengah Selatan.

Bencana alam yang terjadi ini banyak menarik perhatian dari berbagai elemen masyarakat untuk turut serta dalam memberikan bantuan, baik secara materi maupun moril. Salah satunya adalah Satuan Tugas (Satgas) NTT Peduli-Kepri yang mulai menggalang dana untuk selanjutnya diteruskan ke daerah-daerah terdampak bencana di NTT.

Selain penggalangan dana, beberapa tokoh NTT yang ada di Kepulauan Riau juga menggelar Doa bersama pada malam Senin, 12/04 yang diberi tema; “Malam Doa Bersama Lintas Agama dan Penggalangan Dana untuk NTT”. Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Pembina, Penasehat dan Pengurus serta sebagian besar anggota Satgas NTT. Acara dimeriahkan oleh kehadiran Modest Voice Band.

Kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Pastor dan beberapa Pendeta secara berantai. Usai doa bersama, dilanjutkan dengan hiburan musik pop oleh  Modest voice band.

Ketua DPD Satgas NTT Peduli-Kepri, Musa Mau mengungkapkan bahwa Satgas NTT Peduli di Kota Batam turut berduka atas bencana alam yang melanda NTT yang juga merupakan tanah kelahirannya.

“Peristiwa duka ini adalah duka kita, duka Satgas juga. Oleh karena itu, kami Satgas NTT-Peduli, ingin membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana ini.” tutur Musa melalui chat WhatApp.

Musa juga menyampaikan bahwa meski berjauhan, tapi mereka akan berusaha membantu semampu yang mereka bisa. Ia meminta kepada seluruh anggota Satgas NTT untuk turut berpartisipasi secara spontanitas per anggota, lalu turun ke beberapa titik lampu merah dan melalui live musik hingga doa bersama.

“Ini dukanya Satgas NTT juga. Sehingga kami sudah mengumpulkan dana lewat sukarela setiap anggota, kemudian kami juga turun ke titik-titik lampu merah. Kami juga galang dana melalui live music. Dan yang paling penting adalah melakukan doa bersama agar Tuhan memulihkan NTT tercinta,” paparnya.

Ditambahkan Musa, “Hasil penggalangan dana yang kami lakukan sudah terkumpul sekitar lima puluan juta rupiah. Sehingga nanti kita akan salurkan melalui Posko Tanggap Darurat dan Penanggulangan Bencana Provinsi NTT dan akan diteruskan oleh Pemprov ke daerah-daerah yang terdampak,” tambahnya.

Hal serupa juga dipaparkan oleh salah satu Penasehat Satgas NTT Peduli, Pdt Agripa Selli.

“Tentunya duka NTT merupakan duka kita juga. Untuk itu, meski jarak yang sangat jauh, tetapi kami siap untuk membantu saudara-saudara di sana dengan melakukan aksi penggalangan dana di beberapa tempat, lalu lewat live musik, kemudian kami juga melakukan doa bersama khusus untuk masyarakat NTT yang terdampak. Bersyukur, dana yang terkumpul sudah cukup banyak, sehingga nantinya kami akan kirim ke NTT,” ucapnya.

Sementara itu, Penasehat Hukum Satgas NTT Peduli, Dr Urbanisasi SH. MH mengapresiasi anggota dan semua pihak yang dengan antusias terlibat dalam aksi penggalangan dana tersebut. Menurutnya, hal ini telah menunjukkan kekompakan dan persaudaraan yang sangat positif. Ia juga berharap Pemerintah dan mitra lainnya dapat turut mendukung kegiatan positif ini.

“Kegiatan penggalangan dana ini merupakan suatu aksi positif serta  gerakan yang tulus ikhlas dari Satgas untuk membantu NTT yang sedang berduka. Sebab duka NTT adalah duka kita juga. Untuk itu, kita berharap kepada Pemerintah dan pihak atau mitra lainnya untuk bekerjasama mendukung kegiatan ini, yang tujuannya bisa sedikit meringankan beban saudara kita di NTT,” ucap Urban saat ditemui dikediamannya.

Penulis: Wasti Naitboho

Pos terkait