Sembilan Parpol Non Parlemen Lolos Verifikasi Faktual Tingkat Provinsi NTT

  • Whatsapp

Kupang, Salamtimor.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT menggelar rapat pleno membahas kesimpulan hasil verifikasi faktual terhadap sembilan partai politik (parpol) nonparlemen calon peserta pemilu 2024. Rapat pleno digelar pada Sabtu, 10 November 2022.

Adapun sembilan parpol nonparlemen yang diverifikasi faktual adalah Partai Perindo, Umat, PSI, PKN, Hanura, Gelora, Garuda, Buruh dan PBB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT menyebutkan sembilan partai dinyatakan memenuhi syarat setelah perbaikan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan di Provinsi untuk menjadi calon peserta Pemilu 2024.

Setelah tahapan rekapitulasi di KPU Provinsi, berdasarkan tahapan dan jadwal pada tanggal 14 Desember 2022 KPU RI akan mengumumkan partai-partai yang lolos sebagai peserta pemilu dari sembilan parpol secara nasional dilakukan verifikasi faktual.

Adapun, hasil verifikasi faktual perbaikan di Provinsi NTT dengan minimal sebaran kepengurusan di 17 Kabupaten/Kota dari 22 Kabupaten/Kota dengan Hasil Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan sebagai berikut:
1. Perindo, status MS di 20 Kabupaten/Kota
2. Ummat, status MS di 12 Kabupaten/Kota
3. PSI, status MS di 20 Kabupaten/Kota
4. PKN, status MS di 19
Kabupaten/Kota
5. HANURA, status MS di 21 Kabupaten/Kota
6. Gelora, status MS di 17 Kabupaten/Kota
7. Garuda, status MS di 20 Kabupaten/Kota
8. Partai Buruh, status MS di 17 Kabupaten/Kota
9. PBB, status MS di 17 Kabupaten/Kota.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD HANURA Provinsi NTT, Drs. Refafi Gah, SH,. M.Pd yang di konfirmasi melalui Sekretaris DPD HANURA NTT, Elias Koa, S.I.P membenarkan bahwa partai HANURA lolos verifikasi faktual tingkat Provinsi.

“Ya benar sekali, partai HANURA tertinggi verifikasi dengan 21 Kabupaten dari 22 Kabupaten/Kota yang ada di NTT. ini sangat berbeda dengan tahun lalu atau Pemilu lalu, kini HANURA di tangan dinginnya bapak Refafi Gah jauh lebih baik dan modern dalam melakukan konsolidasi struktur,” tandasnya.

Dikatakan, kader HANURA NTT akan bekerja lebih keras untuk menaikkan elektabilitas partai agar mencapai ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dan siap merebut kemenangan di Pemilu 2024 mendatang.

“Optimistis saat ini pemilih HANURA sudah berada dalam kisaran ambang batas parlemen 4%. Dia meyakini dengan kerja keras dan ikhlas, HANURA tidak hanya akan melenggang ke DPR, tapi juga menjadi partai menengah yang akan menentukan pendulum politik di tanah air,” tambahnya.

Ia mengaku, data seluruh Indonesia sebagai syarat untuk lolos sebagai peserta pemilu dapat juga dipastikan HANURA menjadi salah satu peserta pemilu yang akan diumumkan pada tanggal 14 Desember 2022.

Informasi ini setelah KPUD seluruh Indonesia melakukan pleno di daerah masing-masing dan 34 DPD di Indonesia sudah dinyatakan memenuhi syarat (MS). Dan sekali lagi semua ini karena berkat dan kemurahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa

Namun demikian, Ia menegaskan bahwa sebagai kader partai tentunya terus mengikuti tahapan-tahapan yang akan dilewati hingga HANURA ditetapkan sebagai partai peserta pemilu 2024 oleh KPU pusat pada tanggal 14 Desember 2022 nanti.

Ia menambahkan, bahwa terverifikasinya partai ini tentunya berkat kerjasama yang baik dari semua pengurus, kader, dan simpatisan mulai dari tingkat Ranting, PAC, DPC, DPD hingga DPP.

Selain itu, khususnya dari pengurus DPD atas nama Ketua DPD HANURA NTT tidak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada semuanya terutama kepada Ketua Umum DPP Partai HANURA Oesman Sapta Odang (OSO) yang menaruh perhatian penuh selama masa tahapan verifikasi faktual keanggotaan.

“Beliau selalu mengecek dan memastikan seluruh sampel keanggotaan dapat di verifikasi oleh KPU. Begitu besar perhatian bapak Ketua Umum sehingga seluruh Kader HANURA NTT selalu bekerjasama menyukseskan tahapan faktual keanggotaan yang nyaris mencapai 100% MS DPC,” katanya.

Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pimpinan tertinggi di DPC seluruh Kabupaten dan kepada PAC serta Ranting yang sudah berikhtiar semaksimal mungkin untuk semua tahapan ini sehingga partai ini bisa lolos verifikasi oleh KPU Provinsi NTT.

Kader Partai HANURA, kata dia, mesti mendukung kerja-kerja KPU dan BAWASLU ke depannya. Pasalnya, KPU dan BAWASLU yang akan menentukan arah bangsa Indonesia dengan menyelenggarakan kontestasi demokrasi untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin nasional.

“Mereka (KPU dan BAWASLU) itu harus kita dukung. Kenapa? Karena mereka menentukan arah Republik ke jalan yang benar. Jadi seperti partai-partai kecil, jangan dianggap partai kecil karena partai besar belum tentu dia melaksanakan tugas apa yang ditentukan KPU dan BAWASLU.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada KPU Provinsi dan jajaran, serta KPU di daerah yang selalu komunikatif dalam memberikan petunjuk dan perbaikan terhadap semua data sampel keanggotaaan.

Juga, terima kasih disampaikan kepada tim dari BAWASLU NTT hingga BAWASLU kabupaten/kota yang dengan sabar mendampingi tim dari partai dan KPUD selama masa verifikasi faktual keanggotaan.

“Kiranya semua kerja kolaborasi selama ini dapat terjaga hingga suksesnya penyelenggaraan Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Pilkada serentak di tahun 2024,” ungkapnya. (**)

Pos terkait