Home / TTS

Serahkan Tujuh Unit Rumah Bantuan Layak Huni, Ananias Faot Apresiasi Kerja Nyata YPKM dan KaSoGi di TTS

- Redaksi

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 08:56 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Reporter : Wulan Fallo Editor : Redaksi Dibaca 352 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TTS, Salamtimor.com — Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) dan Komunitas SoE Berbagi (KaSoGi) tidak ada hentinya membantu masyarakat kabupaten Timor Tengah Selatan. Terbaru, YPKM dan KaSoGi kembali menyerahkan 7 (tujuh) unit rumah bantuan layak huni kepada 7 (tujuh) Kepala Keluarga di desa Oebaki dan desa Noebeba pada Selasa (10/10/2023).

Program bantuan perumahan dari YPKM dan KaSoGi merupakan bentuk dukungan nyata dalam rangka membantu pemerintah menekan angka kemiskinan di kabupaten TTS. Sasaran bantuan rumah tersebut ditujukan kepada masyarakat yang selama ini tinggal di rumah tidak layak untuk huni dan punya keterbatasan ekonomi (berpenghasilan rendah).

Dalam sambutannya pada saat acara penyerahan kunci rumah bantuan di desa Oebaki, Ketua YPKM Sandy  Matias Rupidara mengatakan bahwa bantuan rumah layak huni dari YPKM dan KaSoGi merupakan salah satu bentuk nyata dari kepedulian sosial kepada masyarakat yang tinggal di rumah tidak layak huni.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Untuk melihat perubahan di suatu daerah maka dibutuhkan kerja kolaborasi antara pemerintah dan stakeholder seperti LSM atau NJO. Untuk itu, pemerintah perlu membuka diri untuk menarik investor masuk ke desa yang mana tujuannya untuk kepentingan dan kesejahtraan masyarakat,” ucap Sandy.

Sandy juga menegaskan bahwa YPKM dan KaSoGi hanyalah salah satu dari sekian lembaga yang terpanggil untuk membantu pemerintah TTS mengatasi kesenjangan-kesenjangan sosial kemasyarakatan. YPKM dan KaSoGi bukan sinterklas atau kelebihan uang.

“Kami hanya alat yang dipakai Tuhan untuk menjadi jawaban dari doa pergumulan bapa/mama selama ini. Jika hari ini bapak/mama mendapat berkat berupa rumah layak huni, itu bukti bahwa Tuhan menjawab doa-doa bapak/mama semua,” tandas Sandy.

Hadir pada penyerahan rumah bantuan layak huni tersebut Drs. Ananias Faot, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Kepada media ini, Ananias Faot memberikan provisiat dan mengapresiasi kerja-kerja nyata yang dilakukan oleh YPKM dan KaSoGi dalam membantu masyarakat TTS yang punya keterbatasan ekonomi dan masih menempati rumah-rumah yang tidak layah untuk dihuni.

“Secara pribadi, sebagai putera asli TTS saya memberikan provisiat dan apresiasi yang tinggi kepada YPKM dan KaSoGi yang terus membantu masyarakat kita dengan rumah bantuan layak huni. Sebagai orang TTS tentu saya bangga dengan terobosan-terobosan YPKM dan KaSoGi.”

Lanjut Ananias, “Selama ini saya hanya membaca dan mengikuti kerja-kerja nyata YPKM dan KaSoGi melalui media-media online. Tapi puji Tuhan, hari ini saya diajak oleh pak Sandy selaku Ketua YPKM untuk menghadiri acara penyerahan tujuh unit rumah bantuan layak huni bagi saudara-saudara kita di desa Oebaki dan desa Noebeba. Ini kebanggaan dan kehormatan sendiri buat saya yang saat ini masih berkarir di luar TTS tercinta.”

“Semoga sentuhan-sentuhan kemanusiaan dari YPKM dan KaSoGi terus berlanjut untuk menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah yang sama-sama kita cintai ini. Sebagai putera asli TTS saya akan selalu mendukung YPKM dan KaSoGi agar terus berkarya membantu mereka yang membutuhkan.” tutup Ananias.

Dalam kesempatan yang sama Kaur Pemerintahaan desa Oebaki, Yupiter Abanat menyampaikan terima kasih kepada YPKM dan KaSoGi yang telah membantu warganya melalui program rumah layak huni sebayak 6 unit dan di desa Noebeba satu Unit rumah layak huni.

Yupiter juga memyampaiakan permohonan maaf kepada pihak YPKM dan KaSoGi kalau selama dalam proses pekerjaan terdapat hal- hal yang kurang menyenangkan. Selaku pemerintah Yupiter berharap program bantun rumah dari YPKM dan KaSoGi terus berlanjut di desa Oebaki.

Terpisah Sekertaris YPKM, Yuferdi Inyo Faot menyampaikan bahwa, “ada 6 unit rumah yang diserahkan pada minggu ini di desa Oebaki dan satu unit di desa Noebeba. Tujuh unit rumah ini mulai dikerjakan bersamaan dengan bantuan di desa-desa lain di TTS sejak awal bulan Mei 2023 yang lalu dan banyak yang telah selesai dibangun. Pada minggu kamarin kita serahkan juga satu unit rumah pastori gereja di desa Kuatae, Kecamatan Kota SoE,” jelas Inyo.

“Kami tetap berharap agar bangunan yang sudah selesai dikerjakan ini dijaga dan dirawat dengan baik sehingga tetap kelihatan indah dipandang mata dan tentunya bertahan lebih lama,” harap Inyo.

Lanjut Inyo, “YPKM dan KaSoGi tidak hanya melihat persoalan perumahan saja, namun kami mendengar dan melihat sendiri kondisi dan persoalan lain seperti kekurangan air bersih yang cukup serius di beberapa desa termasuk salah satunya di desa Oebaki. Untuk itu, planning kami ke depan adalah pengeboran sumur untuk ketersediaan air bersih bagi warga masyarakat di sini,” tutup Inyo.

Sumber Berita : Salamtimor.com

Berita Terkait

IPS gelar Kegiatan Membangun Budaya Literasi Sains, Numerasi, dan Bahasa Inggris Melalui Game Bagi Siswa SD di Desa Kesetnana
Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi

Berita Terkait

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Senin, 30 Oktober 2023 - 00:11 WITA

Peringati Bulan Bahasa 2023, UCB Gandeng UNDANA Kupang Gelar Seminar International Linguistik Terapan

Sabtu, 23 September 2023 - 10:47 WITA

Kembalikan Jam Sekolah Menjadi Pukul 07.00 Wita, Pj Gubernur NTT Tinjau Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kupang

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA