SMK KRISTEN NIKI-NIKI MENGGELAR UJIAN KOMPETENSI KEJURUAN BAGI SISWA KELAS XII

  • Whatsapp
Muti Nakamnanu, Kepala SMK Kristen Niki-Niki. (Foto: Inyo Faot, STC)

SoE, SALAMTIMOR.COM — SMK Kristen Niki-Niki setelah melaksanakan Ujian Sekolah (US), dilanjutkan dengan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) bagi peserta didik kelas Xll tahun pelajaran 2020/2021.

Pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) di mulai sejak Rabu (21/4) hingga Sabtu (24/4). Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tahun ini juga berdasarkan SE Kemendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan di antaranya ujian secara daring, luring penugasan dan juga portofolio.

Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) siswa kelas Xll SMK Kristen Niki-Niki di ikuti oleh 167 peserta dari tiga jurusan, di antaranya jurusan Teknik Jaringan Komputer (TKJ), jurusan Akuntansi dan Pemasaran.

Kepada media ini, Rabu (21/04) kepala sekolah SMK Kristen Niki-Niki, Muti Nakamnanu, SE, menyampaikan bahwa, “hari ini kami menggelar Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) bagi siswa kelas XII. Kegiatan pelaksanaan UKK ini dilaksanakan secara mandiri oleh para siswa di rumah lalu hasil ujiannya di antarkan ke sekolah.”

“Khususnya siswa jurusan Teknik Jaringan Komputer (TKJ) membutuhkan fasilitas sekolah berupa laboratorium komputer, maka pelaksanaan ujian praktek di laksanakan di sekolah. Motede yang kita terapkan di sini yaitu dengan sistem shift berdasarkan protokol kesehatan dalam masa pandemic Covid-19 .” ujar Muti.

Siswa-siswi peserta UKK SMK Kristen Niki-Niki.

Lanjut Muti, “pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dengan metode luring, penugasan dan juga portofolio. Para rekan guru mengontrol pelaksanaan ujian yang kita bagi di lima kecamatan. Siswa yang mengikuti Ujian Sekolah dari rumah antusias menyambut para guru yang berkunjung untuk mengontrol.”

Nakamnanu juga menjelaskan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMK Kristen Niki-Niki selama masa pandemic Covid-19 masih menggunkan sistem BDR. Ada tugas yang diberikan oleh rekan-rekan guru kepada siswa-siswi sesuai mata pelejaran masing-masing.

Kegiatan BDR ini juga di lengkapi dengan vidio pembelajaran yang dilaksanakan dan diluncurkan oleh guru mata pelajaran untuk pengembangan belajar siswa di rumah.

“Berdasarkan rapat MKKS, kita melaksanakan ujian merujuk pada edaran Menteri berdasarkan zonasi yang mana pelaksanaan ujian berdasarkan zona. Bagi peserta ujian yang berada di zona hijau, kita laksanakan ujian di sekolah.”

“Terkususnya untuk kecamatan Amanuban tengah sampai pada H-3 masih pada zona merah, maka pelaksanaan ujian kita laksanakan di rumah secara mandiri.” tutup Nakamnanu.

Merlin Manafe, siswi SMK Kristen Niki-Niki peserta UKK 2021.

Terpisah, salah satu peserta ujian dari jurusan Teknik Jaringan Komputer, Merlin Manafe, menyampaikan bahwa  hari pertama Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK), maka kami dari jurusan TKJ membuat kripik kabel dan instalasi jaringan komputer.

Merlin juga menjelaskan bahwa tidak ada kesulitan dalam pelaksan ujian kali ini. Jaringan internet pun tidak lelet.

Penulis: Inyo Faot

Pos terkait