SMK Negeri 2 SoE Gandeng Empat Desa di TTS Sukseskan Program Pusat Keunggulan SMK Membangun Desa

  • Whatsapp

SoE, Salamtimor.com — Dalam rangka mewujudkan program nasional Pusat Keunggulan SMK Membangun Desa, maka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 SoE bekerja sama dengan empat (4) desa di kabupaten TTS.

Keempat desa yang bekerja sama dengan SMK Negeri 2 SoE dalam program Pusat Keunggulan SMK Membangun Desa antara lain; desa Kesetnana, desa Noinbila, desa Oinlasi, dan desa Bikekneno. Keempat desa tersebut ada dalam wilayah pemerintahan kecamatan Mollo Selatan.

Kegiatan pembukaan serta penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dilaksanakan di Aula SMK Negeri 2 SoE pada Kamis, (17/11/2022) yang dipimpin langsung oleh Kepala SMK Negeri 2 SoE, Nifron Fallo, S.Kom, serta dihadiri oleh para guru dan siswa/i SMK Negeri 2 SoE, para kepala desa dan perangkat desa dari kelima desa tersebut.

Nifron Fallo, S.Kom., saat ditemui oleh media ini menyampaikan bahwa, “program Pusat Keunggulan SMK membangun desa merupakan program nasional di bawah tanggungjawab Direktorat SMK, dan kami satu-satunya SMK unggulan di kabupaten TTS yang ikut mensukseskan program dari Kementerian ini.”

“Tujuan dari kegiatan ini merupakan wujud nyata keterlibatan kami (SMKN 2 SoE) dalam mensukseskan program Kementerian ini, dan lebih dari itu kami juga turut berperan aktif membangun desa dengan saling melengkapi (feed back), baik dari pihak sekolah maupun pemerintah di desa,” imbuh Nifron.

Nifron juga mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan kompetensi keahlian yang ada SMK Negeri 2, yaitu; pekerjaan sosial, tata busana, teknik energi terbarukan, perhotelan (membuat pangan lokal), teknik elektro, TKJ (Teknik Komputer Jaringan), dan administrasi perkantoran.

Pada kesempatan yang sama, kepala desa Noinbila, Charles Lakapu, S.Fil., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan terobosan inovatif yang sangat berfaedah untuk diterapkan dalam membangun desa.

Charles juga mengapresiasi inisiatif dari pihak SMK Negeri 2 SoE yang menggandeng desa-desa yang berada di pinggiran kota untuk turut serta mengambil bagian dalam program unggulan ini.

Penulis: Wulan Fallo

Pos terkait