SMTK Pieter Middelkoop Kuatnana Isi Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Menggelar Perkemahan Pramuka

  • Whatsapp
Foto bersama Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten TTTS (Kakak Reny Kitu), Camat Kuatnana (Okto Nakamnanu) selaku Majelis Pembimbing Ranting, Komite Sekolah, guru-guru pada SMTK Pieter Medlkoop Kuatnana dan siswa-siswi peserta kegiatan perkemahan pramuka seusai kegiatan pembukaan.

SoE, Salamtimor.com – Untuk mengisi kegiatan ekstrakurikuler, maka Gugus Depan Sekolah Menengah Teologi Kristen Pieter Middelkoop Kuatnana melaksanakan kegiatan perkemahan pramuka yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Juni sampai dengan 12 Juni 2022 bertempat di bumi perkemahan SMTK Pieter Middelkoop Kuatnana.

Kegiatan perkemahan ini sebagai suatu kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar jam tatap muka di kelas atau yang dinamakan kegiatan ekstrakurikuler, adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membimbing, membina, dan menumbuhkan, serta membentuk karakter anak didik yang tangguh, jujur, mandiri, dan mempunyai wawasan maju ke depan dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan ini juga merupakan salah satu indikator pengembangan diri bagi peserta didik.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Timor Tengah Selatan (Kakak Riny Kitu), Camat Kuatnana (Okto Nakamnanu) selaku Majelis Pembimbing Ranting, Komite Sekolah, guru-guru pada SMTK Pieter Middelkoop dan siswa-siswi peserta perkemahan pramuka dari 8 (delapan) sangga dengan kekuatan 56 orang anggota.

Kepala SMTK Pieter Middelkop Kuatnana, Semelri G.M. Selan, S.Pd saat ditemui media ini pada Sabtu, (11/6) menyampaikan bahwa, “kegiatan perkemahan pramuka Jumat, Sabtu dan Minggu atau yang disebut dengan PERJUSAMI merupakan suatu kegiatan yang dilakukan diluar jam tatap muka di kelas atau kegiatan ekstrakurikuler,” kata Semelri.

Lanjutnya, “kegiatan ini sebenarnya dilakukan setelah ujian akhir semester (UAS). Tapi mengingat setelah anak-anak selesai UAS, maka mereka akan ada dalam liburan sehingga kita mengambil inisiatif untuk kegiatan ini dilakukan sebelum ujian akhir semester,” jelas Semelri.

Sambungnya, “adapun tujuan dari kegiatan yang dilakukan ini adalah yang pertama meningkatkan kebersamaan antara anggota gugus depan yang ada di SMTK Pieter Middelkoop Kuatnana. Kedua, setelah kegiatan ini maka kita berharap anak-anak memiliki karakter yang mandiri, bisa bertanggung jawab dan memiliki sifat yang tangguh. Ini tujuan kegiatan ini,” urai Semelri.

“Selain itu, ada kegiatan-kegiatan kerohanian yang akan kita buat dalam kegiatan perkemahan ini sebelum acara penutupan. Seluruh anggota peserta akan dilibatkan dalam kebaktian umum. Setelah itu, ada juga kerja bakti yang dilanjutkan dengan upacara penutupan. Kegiatan ini diikuti oleh 8 sangga yang terdiri dari 2 sangga puteri dan 6 sangga putera,” tutup Semelri.

Lebih lanjut ketua panitia, Yermia N.E. Selan kepada media ini mengatakan bahwa, “tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kebersamaan yang harmonis diantara anggota Gugus Depan SMTK Pieter Middelkoop Kuatnana aehingga mampu meningkatkan relasi yang indah dan tulus dengan peserta lain yang turut dalam kegiatan ini,” kata Yermia.

Lanjut Yermia, “kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain karnaval (drum band) oleh anak-anak SMTK Pieter Middelkoop Kuatnana, pentas seni, senam pagi, materi latihan pramuka (PBB, KIM, P3K, Yel-Yel, Sandi, Menaksir), jelajah alam, renungan dan api unggun serta atraksi-atraksi lainnya,” tutup Yermia.

Penulis: Wulan Fallo

Pos terkait