Tiga Sekolah Dasar di Kecamatan Toianas Ikut ANBK Untuk Pertama Kali

  • Whatsapp

SoE, SALAMTIMOR.COM – Tiga Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Toianas, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mendapat kesempatan mengikuti kegiatan Asesemen Nasional Berbasis Komputer yang disingkat ANBK.

Seperti diketahui ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Kepada media ini, Nimrod Talelu Kepala UPTD SD I Hauhasi menyampaikan bahwa Dirinya sagat bersyukur dengan diselenggarakannya kegiatan ANBK untuk jenjang pendidikan dasar (SD) di Kecamatan Toianas.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 3 (tiga) Sekolah Dasar yakni SD Inpres Hauhasi, SDK Yasuari Lobus dan SDN Noeolin.

“Pelaksanaan asesemen tersebut dilaksanakan di SMP Karya Hauhasi, diikuti oleh 39 siswa dari ketiga sekolah yang berada di Kecamatan Toianas, Kabupaten Timor Tengah Selatan yang berlangsung selama dua hari mulai dari Rabu 24 November 2021 dan Kamis 25 November 2021.” ungkap Nimrod Talelu selaku Ketua Penyelenggara ANBK tersebut kepada awak media

Selaku Ketua penyelenggara, Nimrod mengakui bahwa dalam pelaksanaan ANBK tidak dilaksanakan pada satuan pendidikan atau di sekolah masing-masing karena berbagai kendala seperti kelengkapan laptop atau PC serta jaringan internet/ketersediaan wifi yang belum merata.

Jadi untuk ketiga SD tersebut kegiatan ANBK dipusatkan di SMP Karya Hauhasi. Meskipun terdapat beberapa kendala, tapi Nimrod memastikan bahwa kegiatan ANBK itu telah berjalan dengan baik selama dua hari.

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).

Menyikapi tujun mulia asesemen, Nimrod Talelu mengharapkan agar kegiatan ANBK selanjutnya bisa berhasil dengan baik sesuai dengan kebijakan Kemendikbud hendaknya didukung oleh semua pihak dan perlengkapan sesuai standar nasional seperti ketersediaan computer/PC/laptop yang memadai dan jaringan internet yang terkoneksi dengan cepat dan tanpa kendala.. (**Tim)

Editor: Inyo Faot

Pos terkait