Home / TTS

Tingkatkan Pelayanan Pada Dinas Dukcapil TTS, Ini Kebijakan Yang Diambil Apris Manafe

- Redaksi

Senin, 6 Februari 2023 - 14:25 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 53 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TTS, Salamtimor.com — Sebagai garda terdepan dalam pelayanan dokumen kependudukan, tentu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten TTS tidak pernah luput dari sorotan publik.

Masyarakat berharap dengan adanya kemajuan tehnologi saat ini, maka setiap dokumen kependudukan dapat diurus secara cepat, efektif, dan efisien.

Menyadari hal tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten TTS, Apris Manafe, SE, M.Si dalam usaha peningkatan kualitas layanan yang mengacu pada service excellent telah melakukan terobosan-terobosan untuk menjawab harapan masyarakat tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat ditemui oleh wartawan media online Salamtimor.com diruang kerjanya pada Jumat (03/02/23), Apris menyampaikan bahwa berdasarkan masukan-masukan dari masyarakat maka telah diambil langkah-langkah konkrit setelah dilakukan analisa dan evaluasi.

“Setelah melakukan analisa dan evaluasi berdasarkan masukan-masukan dari masyarakat, maka kami telah mengeluarkan sebuah pengumuman pada tanggal 31/01/2023 yang secara garis besar isinya berupa himbauan kepada masyarakat agar dapat melaporkan kepada kami melalui aplikasi WhatsApp apabila tidak mendapatkan pelayanan yang baik,” ungkap Apris.

Lanjutnya, “Kami menyadari bahwa pelayanan selama ini masih terdapat banyak sekali kekurangan. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya masukan-masukan dari masyarakat maka kami bisa berbenah dan terus memperbaiki sistem kerja kami dengan tujuan memberikan pelayanan yang prima demi kepuasan masyarakat baik itu kecepatan, ketepatan, dan keakurasian dokumen,” kata Apris.

Sebagai Kepala Dinas yang memegang tanggung jawab penuh, maka dirinya (Apris) sering memperhatikan jajarannya saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, bahkan sering melakukan sidak.

Isi Pengumuman dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten TTS

“Ternyata dalam sidak yang saya lakukan, didapati bahwa ada masyarakat yang lambat dilayani, bahkan ada yang tidak dilayani sama sekali sehingga saya berusaha mencari tau penyebabnya. Setelah ditelusuri, ternyata ada miss komunikasi antara petugas dan masyarakat,” ucap Apris.

Sambungnya, “Lalu saya memerintahkan kepada petugas yang melayani di depan untuk rutin mengecek sehingga semua masyarakat yang hadir di kantor Dukcapil mendapat pelayanan dan tidak boleh ada yang terlewatkan.”

Apris juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah memanfaatkan aplikasi WhatsApp Masengger, bekerjasama dengan UPT Desa dan Puskesmas untuk membantu mengirimkan secara online data masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan.

“Inovasi pelayanan online telah kami lakukan sejak tahun 2022 lalu, bekerja sama dengan UPT Desa dan Puskesmas untuk kepengurusan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan lain-lain,” urai Apris.

“Ini semua bertujuan agar masyarakat yang di pelosok tidak perlu jauh-jauh datang ke SoE lalu mengantri berjam-jam di loket. Kan tidak efektif. Semoga dengan adanya pelayanan online ini bisa berdampak positif bagi masyarakat,” harap Apris.

Apris juga menekankan kepada jajarannya agar bekerja sesuai dengan SOP serta sabar melayani dan mengedepankan etika, efektifitas, dan efisiensi.

Penulis: Wulan Fallo

Berita Terkait

IPS gelar Kegiatan Membangun Budaya Literasi Sains, Numerasi, dan Bahasa Inggris Melalui Game Bagi Siswa SD di Desa Kesetnana
Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi

Berita Terkait

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Senin, 30 Oktober 2023 - 00:11 WITA

Peringati Bulan Bahasa 2023, UCB Gandeng UNDANA Kupang Gelar Seminar International Linguistik Terapan

Sabtu, 23 September 2023 - 10:47 WITA

Kembalikan Jam Sekolah Menjadi Pukul 07.00 Wita, Pj Gubernur NTT Tinjau Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kupang

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA