FKIP Universitas San Pedro Kupang, Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Whatsapp

KUPANG, SALAMTIMOR.COM- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas San Pedro Kupang, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada tahun ini. Kegiatan pengabdian masyarakat di laksanakan oleh sejumlah dosen dan mahasiswa dengan melakukan kegiatan pendampingan terhadap masyarakat di Desa Mata Air, kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Kegiatan ini merupakan  kegiatan tahunan yang dilakukan tiap tahun sebagai bentuk wujud nyata peran dosen dan mahasiswa dalam pemenuhan Tri Dharma perguruan yaitu Tinggi Penelitian, Tinggi Pengabdian dan Tinggi Pengajaran.

Ada sejumlah kegiatan yang di laksanakan diantaranya Sosialisasi pembuatan Hand sanitizer alami dari bahan daun sirih untuk mencegah wabah Covid-19. Materi ini langsung di bawakan oleh Dekan FMIPA, Sipora Telnoni, S.Si, M.Si.

Dalam materi yang di sampaikan oleh Dekan FMIPA, Sipora Telnoni, S.Si, M.Si mengajarkan bagaimana membuat hand sanitizer dari daun sirih dengan komposisi yang sesuai sehingga tidak mengurangi khasiat.

Selanjutnya Bakti Sosial berupa pembersihan di sekitar lokasi wisata pantai Sulamanda. Kegiatan pengabdian ini di buka oleh Wakil Dekan I akademik FKIP San Pedro Kupang sekaligus ketua Panitia PKM FKIP, Agnes O. Manek, SS, M.Hum

Kepada media ini, Agnes O. Manek, SS, M.Hum, menyampaikan bahwa “Universitas San Pedro, berdasarkan kelender akademik, maka hari ini di laksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dari program studi FKIP. Kegiatan pengabdian masyarakat  ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter mahasiswa dalam beradaptasi dengan lingkungan masyarakat. Adapun bentuk kegiatan yang kami lakukan ialah sosialisasi penggunaan antiseptik alami. Kami berharap penggunaan bahan dasar antiseptik seperti daun siri, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemic Covid-19. Karena masyarakat bisa menjual daun sirinya”. Ungkap Agnes.

Lanjut Agnes, “kami juga berterima kasih kepada pemerintah setempat dalam hal ini Kepala Desa Mata Air yang telah mengijinkan Universitas San Pedro Program Studi FKIP untuk melakukan kegiatan di wilayah tersebut.

Harapan kami, “dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, dapat bermanfaat positif bagi masyarakat lokal di sini”. Tutup Agnes

(Inyo Faot)

Pos terkait