Usung Motto: Membiasakan Yang Benar, Ini Terobosan Kapolsek Lobalain Dengan Pasukan “DOBRAK”

  • Whatsapp

LOBALAIN, SALAMTIMOR.COM — Terhitung sejak akhir bulan Oktober 2021, Polsek Lobalain dipimpin oleh IPDA I Gede Putu Parwata, S.H dan dimasa kepemimpinannya terbilang sangat unik.

Alumni Sukabumi SIP-49 itu memimpin Polsek Lobalain dengan slogannya “MEMBIASAKAN YANG BENAR”.

Kata-katanya singkat dan supel padat namun memiliki makna yang luas dan diimplementasikan dalam setiap kegiatan tugas kepolisian.

Kapolsek Lobalain lebih menekankan kepada anggotanya untuk mengutamakan tugas sebagai ibadah dengan prinsip “padi yang ditabur, maka akan memanen padi pula”.

Gede Putu Parwata selalu memberikan kebebasan kepada anggotanya dalam berkreasi dan memacu para anggotanya untuk berkontribusi positif dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Saya akan jual mahal rekan” sekalian namun mohon imbangi dengan bertugas sebaik-baiknya, silakan berkreasi positif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Kapolsek Lobalain Ipda I Gede Putu Parwata, S.H kepada media ini, pekan kemarin di Lobalain.

Yang lebih menarik lagi, walaupun baru memimpin Polsek Lobalain, lulusan SIP-49 ini membentuk pasukan yang diberi nama “DOBRAK” – Polsek Lobalain, dimana para punggawanya adalah seluruh Kanit Polsek dan personilnya adalah para anggota dan Bhabinkamtibmas.

Kata DOBRAK merupakan jargon atau penyemangat seluruh anggota Polsek Lobalain dalam melaksanakan tugas kepolisian di wilayah hukum Polsek Lobalain.

Kata DOBRAK bukan tidak ada artinya. Tetapi memiliki arti disetiap hurufnya, yakni: Disiplin, Obyektif, Beretika, Responsif, Adil dan Kreatif,” terang sang komandan DOBRAK Ipda I Gede Putu Parwata,S.H.

Kegiatan personil DOBRAK tersebut tidak berbeda dengan kegiatan tugas kepolisian pada umumnya.

“Meski begitu, hanya dikemas lebih menarik dalam pelaksanaan tugasnya, yaitu pasukan DOBRAK melakukan patroli paradigma baru, yaitu patroli yang lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, berdialog langsung dengan masyarakat, menyambangi tiap rumah, selalu hadir disetiap kegiatan masyarakat dengan tujuan untuk memahami dan kemudian mencarikan solusi terbaik tanpa merugikan masyarakat, apabila dekat dengan masyarakat maka kita akan tahu apa sebenarnya yang diharapkan masyarakat terhadap kepolisian khususnya Polsek Lobalain”.

“Kami Polsek Lobalain menghimbau dan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di kabupaten Rote Ndao khususnya di kecamatan Lobalain untuk tetap saling menjaga toleransi, silaturahmi dan saling peduli agar situasi yang kondusif, aman dan nyaman bisa tetap terjaga, jadikan perbedaan yang ada sebagai kekuatan untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas tetap nyaman, karena dengan situasi nyaman maka kita akan bisa berkreasi positif,” imbau Komandan DOBRAK. (*Tim STC/RED)

Pos terkait