YPKM dan KaSoGi Bantu Masyarakat Desa Pusu Dengan Satu Unit Sumur Bor

  • Whatsapp
Ketua YPKM, Sandy Matias Rupidara menyaksikan aliran air hasil pengeboran

SoE, SALAMTIMOR.COM — Air bersih merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Sehingga dimana ada sumber air, disitu pasti ada kehidupan.

Akan tetapi, dampak perubahan iklim dalam beberapa dekade terakhir sangat dirasakan, termasuk persoalan kekeringan yang mengakibatkan kelangkaan air bersih dimana-mana.

Timor Tengah Selatan merupakan salah satu daerah yang mengalami kelangkaan air bersih.

Melihat kondisi kekeringan yang di alami, maka Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) bersama Komunitas SoE Berbagi (KaSoGi) merespon persoalan tersebut dengan kembali menyerahkan sebuah sumur bor kepada masyarakat desa Pusu, kecamatan Amanuban Barat, kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Ketua YPKM, Sandy Matias Rupidara saat ditemui di lokasi sumur bor pada Sabtu, 03/07/2021 mengatakan bahwa ini bukan yang pertama kali dilakukan.

Ketua YPKM, Sandy Matias Rupidara.

“Pengeboran sumur untuk membantu masyarakat ini bukan yang pertama dilakukan oleh YPKM dan KaSoGi. Tetapi sudah banyak tempat yang kami bantu.” ucap Sandy.

Lanjutnya, “Khusus di desa Pusu, ini juga bukan yang pertama. Kami sudah bor dari beberapa tahun lalu tapi debit air kurang sehingga perlu untuk bor lagi dengan mencari titik baru.” ungkapnya.

“Kali ini, kita kembali menyalurkan satu unit sumur bor di dusun 2 desa Pusu untuk menambah volume air bagi 176 kepala keluarga. Pada tahun 2019, kita sudah ada pengeboran air di sini dengan saluran pipa jaraknya 7,5 KM yang saat itu di resmikan oleh Gubernur NTT, namun debit air kurang saat musim kemarau dan sebagian masyarakat tidak mendapatkan air bersih.” jelas Sandy.

“Tahun ini, kita kembali mengadakan satu sumur bor. Anugerah Tuhan melalui sumur bor ini cukup besar dan sudah dilakukan penyedotan 24 jam tetapi airnya tidak habis, dan ini mungkin akan dapat memenuhi kebutuhan untuk masyarakat di sini. Harapan kita, tidak saja untuk kebutuhan domestik namun dapat juga memenuhi kebutuhan pertanian masyarakat.” tutup Sandy.

Sekretaris desa Pusu, Kornelius Tanono.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris desa Pusu, Kornelius Tanono menyampaikan terima kasih kepada YPKM dan KaSoGi yang sudah membantu menghadirkan sebuah sumur bor untuk warga di Pusu.

“Atas nama komunitas dusun Tilo, saya mengucapakan banyak terima kasih kepada pak Sandy dan teman-teman yang sudah membantu kami dengan satu buah semur bor.” ucap Tanono.

Lanjutnya, “Doa dan harapan kami YPKM dan KaSoGi terus berkembang untuk melayani seluruh elemen masyarakat yang ada di kabupaten Timor Tengah Selatan.” tutup Tanono.

Penulis: Inyo Faot

Pos terkait