YPKM DAN KASOGI MEMBANTU MASYARAKAT DESA NUSA DENGAN SATU BUAH SUMUR BOR

  • Whatsapp
Keterangan Foto: Wakil Bupati TTS (Jony Army Konay) dan Pimpinan YPKM TTS (Sandy Matias Rupidara) saat menyaksikan hasil pengeboran air di desa Nusa oleh YPKM.

SoE, SALAMTIMOR.COM — Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM)  bersama Komunitas SoE Berbagi (KaSoGi) kembali menyerahkan sebuah sumur bor kepada masyarakat desa Nusa, kecamatan Amanuban Barat, kabupaten Timor Tengah Selatan.

Penyerahan bantuan sumur bor ini bertujuan untuk mengatasi persoalan kelangkaan air yang di alami oleh masyarakat desa Nusa saat musim kemarau tiba. Krisis air sudah menjadi ancaman yang serius. Jangankan pemenuhan kebutuhan seperti mencuci, mandi, memberi minum ternak peliharaan dan lain-lain. Untuk minum saja, masyarakat sulit mendapatkan air dan harus membeli dengan harga yang bervariasi.

Menyaksikan relaitas tersebut, maka Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) dan Komunitas SoE Berbagi (KASOGI) tergerak hati untuk membantu meringankan beban dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air.

Keterangan Foto: Foto bersama Pimpinan YPKM, Ketua KaSoGi, Kepala Desa Nusa saat penyerahan bantuan sumur bor di desa Nusa.

Kepada media Salamtimor.com, Pimpinan YPKM, Sandy Matias Rupidara  menyampaikan bahwa, “sebelumnya kami sudah melakukan survei lokasi dan mendapatkan titik sumber air di sini. Namun  baru bisa terealisasi tahun ini karena kami masih melakukan pengeboran di beberapa tempat untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang juga mengalami krisis air bersih. Semua ini adalah anugerah dari Tuhan.” Ujar Sandy.

Sandy mengungkapkan alasan kenapa mereka terus melakukan misi sosial untuk melakukan pengeboran air karena dirinya terinspirasi dengan satu ayat Firman Tuhan dalam Keluaran 23 : 5 yang berbunyi,  “Apabila engkau melihat rebah keledai musuhmu karena berat bebannya, maka janganlah engkau enggan menolongnya. Haruslah engkau rela menolong dia dengan membongkar muatan keledainya.”

Menurut Sandy, “sebagai orang beriman sudah sepatutnya membantu sesama yang membutuhkan. Tuhan Yesus sebagai panutan hidup orang Kristen telah mengajarkan untuk mengasihi tanpa membedakan.” ucap Sandy.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Timor Tengah Selatan, Jony Army Konay menyampaikan bahwa, ” atas nama Pemerintah Daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) dan Komunikasi SoE Berbagi (KaSoGi) yang sudah bergandengan tangan bersama pemerintah mengatasi satu persoalan krusial disini. Ini menjadi relasi yang baik antara YPKM dan KaSoGi dalam bermitra dengan Pemerintah.” Ujar Konay.

Keterangan Foto: Masyarakt desa Nusa saat mengambil air pada sumur bor bantuan dari YPKM dan KaSoGi TTS.

Lanjut Army , “kita tau bahwa bantuan dari teman-teman YPKM dan KaSoGi sudah bayak dan sangat berkontribusi dalam pembangunan di daerah ini terkhususnya masyarakat desa Nusa saat ini yang akan menikmati bantuan sumur bor.” Tutupnya.

Kepala Desa Nusa, Yunus Nuban, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) bersama Komunitas SoE Berbagi (KaSoGi) yang telah membantu pemerintah menyelesaikan satu persoalan krusial di wilayah tersebut.

“Sebagai kepala wilayah saya akan terus berkoordinasi dengan salah satu anggota YPKM yaitu Bapak Emus Tse yang ada di sini untuk mengatur teknis penyaluran air. Ke depan pun kita akan membangun bak reservoir menggunakan dana desa untuk pengembangan jaringan ke rumah-rumah masyarakat.” Tutup Yunus.

Penulis: Inyo Faot

Pos terkait