YPKM dan KaSoGi Serahkan Kunci Rumah Bantuan Layak Huni Tahap Pertama

  • Whatsapp

SoE, Salamtimor.com – Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat (YPKM) dan Komunitas SoE Berbagi (KaSoGi) terus bergerak menjalankan misi kemanusiaan untuk membantu sesama yang berkekurangan.

Terbaru, pada Sabtu tanggal 21 Mei 2022 kedua lembaga sosial kemasyarakatan tersebut kembali menyerahkan secara simbolis kunci bantuan rumah layak huni kepada para penerima manfaat di desa Teluk, kecamatan Amanuban Timur dan desa Fatukopa, kecamatan Fatukopa, kabupaten TTS, provinsi NTT.

Sebagaimana diketahui bahwa bantuan Rumah Layak Huni (RLH) dari YPKM dan KaSoGi pada tahap pertama sebayak 53 unit rumah (permanen) dengan progres pekerjaan telah mencapai 90% yang tersebar dibeberapa desa dan kecamatan di kabupaten TTS.

Sedangkan untuk penambahan rumah layak huni tahap kedua akan mulai dikerjakan pada bulan Juni 2022 mendatang yang berjumlah 50 unit rumah permanen.

Sasaran Bantuan yang diberikan oleh kedua lembaga ini ditujukan kepada masyarakat kurang mampu yang selama ini menempati rumah yang tidak layak untuk dihuni.

Kepada wartawan Salamtimor.com pada Sabtu 21/05/22, Ketua Yayasan Pelita Kehidupan Masyarakat Sandy Matias Rupidara menyampaikan rasa syukurnya atas progres pembangunan pada tahap pertama ini sekaligus bisa membantu sesama yang benar-benar membutuhkan.

Peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni tahap kedua oleh Ketua YPKM (Sandy Mathias Rupidara)

Dirinya juga berharap bahwa setidaknya dengan bantuan ini, maka dapat membantu pemerintah menekan angka kemiskinan extrime di kabupaten TTS. Karena salah satu indikator kemiskinan adalah rumah tidak layak huni.

“Kita sangat bersyukur karena anugerah Tuhan yang senantiasa menolong sehingga tahap pertama program bantuan perumahan dari YPKM dan KaSoGi sebanyak 53 unit telah mencapai progres 90% namun sudah bisa ditempati. Senang sakali bisa membantu meringankan beban sesama yang membutuhkan.” ungkap Sandy.

Lanjutnya, “Hari ini kita kembali menyerahkan kunci rumah di desa Teluk dan di desa Fatukopa dan peletakan batu pertama proses pekerjaan lanjutan bantuan rumah layak huni untuk tahap yang kedua.” kata Sandy.

Sambung Sandy, “Rencana pekerjaan lanjutan dari YPKM dan KaSoGi pada tahap kedua akan dibangun sebayak 50 unit rumah lagi di sejumlah desa.”

“Kita juga bersyukur karena atas semangat saling tolong-menolong dan kerja sama yang baik dari masyarakat penerima bantuan sehingga untuk tahap pertama bantuan perumahan yang kita kerjakan di sejumalah desa sebagian besar sudah ditempati.” ungkap Sandy.

“Semoga bantuan ini setidaknya dapat membantu pemerintah kabupaten TTS dalam mengurangi angka kemiskinan extirme. Karena sebagaimana kita tau bersama bahwa salah satu indikator kemiskinan adalah rumah (yang tidak layak untuk dihuni).” tutup Sandy yang merupakan seorang mantan ASN.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala desa Fatukopa, Daris Talan menyampaikan terima kasih kepada YPKM dan KaSoGi yang selama ini dengan penuh ketulusan membantu  masyarakat desa Fatukopa dengan sejumlah bantuan termasuk rumah layak huni.

“Saya atas nama pemerintah desa Fatukopa dan seluruh masyarakat mengucupkan limpah terima kasih kepada YPKM dan KaSoGi  yang telah membantu kami dengan berbagai macam bantuan dan hari ini dapat menyerahkan kunci rumah layak huni secara permanen kepada sejumlah warga yang benar-benar membutuhkan.” tutup Darius.

Penulis: Wulan Fallo

Pos terkait