Home / TTS

Kolaborasi UNICEF-Pemprov NTT Wujudkan Generasi Emas Indonesia 2045

- Redaksi

Senin, 13 Februari 2023 - 17:18 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 20 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TTS, Salamtimor.com — UNICEF Perwakilan NTT dan NTB bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan atas dukungan Pemerintah Jepang menggelar kegiatan Pelatihan untuk Guru PAUD dan Relawan Taman Baca Masyarakat (TBM) Mengenai Keterampilan Membaca Anak untuk Usia Dini.

Kegiatan ini berlangsung pada Senin s.d. Selasa, (13–14 Februari 2023) bertempat di Hotel Blessing, Kota SoE, dan diikuti oleh 40 guru PAUD dan belasan pegiat TBM serta perwakilan orang tua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Dominggus J. O. Banuanek, S.E., mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan sebuah bentuk kolaborasi yang sangat baik dalam upaya mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045. Upaya tersebut dimulai dari tingkat yang paling dasar yakni dengan membangun kecintaan pada buku dalam diri anak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia di tahun 2045, kita harus mulai dari sekarang dengan kolaborasi berbagai elemen. Itu harapan kita sehingga kita tidak tertinggal. Dengan pola pembelajaran baru, strategi baru yang menyenangkan, tanpa sadar anak-anak telah keluar dari ketertinggalan literasi,” ungkap Dominggus saat membuka kegiatan tersebut, Senin (13/02/2023).

“Anak harus dekat dengan buku, kalau bisa dia jalan, yang dia pegang itu buku, sesuai dengan jenjangnya. Di dalam buku itu ada pesan, dan kalau ini sering dilakukan akan membudaya,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Dominggus juga menggambarkan temuan di sejumlah sekolah di Kabupaten TTS dimana masih terdapat banyak siswa yang belum bisa membaca dengan lancar. Hal ini terjadi pada siswa SD bahkan SMP.

Karena itu, pihaknya menyambut baik kegiatan yang digagas oleh UNICEF yang melibatkan para guru PAUD dan pegiat TBM. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif dalam mendukung upaya Pemerintah Kabupaten TTS untuk meningkatkan literasi terutama di kalangan generasi muda yang dimulai dari sekolah-sekolah.

Dominggus berharap agar peserta dapat mengikuti semua materi dan praktik selama kegiatan dengan baik. Ia pun meminta agar peserta dapat mengembangkan strategi yang diperoleh di masing-masing PAUD dan TBM serta mengimbaskannya kepada PAUD dan TBM lainnya.

Sementara itu mewakili tim narasumber, Ketua Forum TBM Provinsi NTT, Polikarpus Do, S.S., menegaskan, Indonesia Emas 2045 adalah visi besar nasional yang menjadi dasar bagi semua lembaga baik pemerintah maupun lembaga swasta, dan masyarakat Indonesia untuk bergerak bersama. Dengan demikian semua program pembangunan termasuk pembangunan manusia di bidang pendidikan, harus bertumpu pada visi tersebut.

“Harapannya, semua lembaga bergandengan tangan mewujudkan visi yang sama tersebut yakni Indonesia Emas 2045. Dengan demikian tidak boleh ada lembaga yang mengusung visi yang tidak sejalan dengan visi nasional, apalagi lembaga yang bergerak di bidang pendidikan,” tegasnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada pihak UNICEF yang telah melibatkan Forum TBM Provinsi NTT dalam program pengembangan literasi anak melalui kegiatan yang dirancang dan dijalankan bersama Pemprov NTT melalui Bappelitbangda dan Pemkab TTS melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ia menegaskan, pihaknya siap mendukung setiap upaya lembaga pemerintah maupun lembaga swata dalam meningkatkan literasi di NTT menuju Indonesia Emas 2045.

“Mari kita wujudkan Generasi Emas Indonesia 2045 dari Bumi Flobamorata, Provinsi Nusa Tenggara Timur,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

IPS gelar Kegiatan Membangun Budaya Literasi Sains, Numerasi, dan Bahasa Inggris Melalui Game Bagi Siswa SD di Desa Kesetnana
Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi

Berita Terkait

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Senin, 30 Oktober 2023 - 00:11 WITA

Peringati Bulan Bahasa 2023, UCB Gandeng UNDANA Kupang Gelar Seminar International Linguistik Terapan

Sabtu, 23 September 2023 - 10:47 WITA

Kembalikan Jam Sekolah Menjadi Pukul 07.00 Wita, Pj Gubernur NTT Tinjau Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kupang

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA