Home / TTS

Prihatin Dengan Gedung Sekolah, Kapolsek Siso Bersama Jajaran Sambangi SDN Usapitoko

- Redaksi

Minggu, 1 Oktober 2023 - 09:12 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 66 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TTS, Salamtimor.com — Prihatin dengan kondisi gedung SD Negeri Usapitoko Desa Fatukoko, Kecamatan Mollo Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa tenggara Timor (NTT), maka pada hari Selasa, (26/9/2023) Kapolsek Siso, Iptu Basilius Don Rena bersama anggota Polsek Siso dan Bhabinkamtibmas Kecamatan Mollo Barat mendatangi sekolah tersebut.

Kedatangan Kapolsek Siso, Iptu Basilius Don Rena bersama anggota sekaligus memberikan bantuan alat tulis berupa buku dan pensil kepada 64 siswa-siswi pada SD Negeri Usapitoko mengingat para siswa memiliki keterbatasan peralatan sekolah yakni alat tulis yang mereka gunakan sudah tidak layak lagi sehingga pihaknya berinisiatif memberikan bantuan ini. Sekolah tersebut juga merupakan salah satu sekolah di pedalaman kabupaten Timor Tengah Selatan.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian jajaran Polri dalam mendukung pendidikan bagi anak-anak yang ada di pelosok Nusantara, termasuk di kecamatan Mollo Barat. Hal inilah yang mendorong anggota Polri di Polsek Siso untuk menjadi jembatan aspirasi kepada pemerintah untuk melihat kondisi faktual di SD Negeri Usapitoko yang melangsungkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menggunakan 3 ruang darurat yang digunakan oleh 6 (enam) rombongan belajar (Rombel).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kapolsek Don Rena, kepada media menyampaikan bahwa “karena hanya tiga ruang belajar, maka pembelajarannya menggunakan sistem sift, dimana kelas 1 sampai dengan kelas 3 masuk pagi, sedangkan kelas 4 sampai kelas 6 masuk siang. Dengan keadaan ini, kami berharap ada perhatian dari pemerintah agar bisa membangun 3 buah ruang kelas sehingga proses KBM bisa berjalan dengan baik,” ucap Don Rena.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek juga mengingatkan para guru dan siswa agar selalu berhati-hati saat proses KBM dalam gedung sekolah, mengingat kondisi gedung sekolah tersebut tidak layak pakai lagi dan bisa dapat membahayakan guru dan para siswa.

Don Rena juga menghimbau agar bersama-sama menjaga keamanan dalam desa terutama di wilayah tempat tinggal masing-masing, serta menghimbau agar selalu aktif memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas maupun anggota Polsubsektor Mollo Barat apabila terjadi gangguan kamtibmas dalam desa.

Dirinya berharap dengan adanya bantuan buku dapat memotivasi seluruh siswa untuk lebih rajin membaca sehingga dapat meraih cita-cita serta bisa bersaing di era globalisasi saat ini.

Momentum kunjungan kali ini, dikatakan Kapolsek, juga tidak lain membantu pemerintah daerah dalam hal penyerapan aspirasi untuk bagaimana bersama seluruh stakeholder membangun dunia pendidikan.

“Hasil kunjungan kami ini, akan menjadi jembatan aspirasi ke pemerintah daerah kabupaten TTS. Bagaimana sinergitas stakeholder bersama-sama membangun dunia pendidikan di bumi TTS yang kita cintai ini,” katanya.

Ia berharap, dengan dibagikannya alat tulis kepada para siswa-siswi, maka setidaknya dapat memotivasi mereka untuk lebih giat dalam bersekolah dan mengikuti pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah masing-masing.

“Saya kira bukan soal nilai atau bentuk bantuannya, tetapi bagaimana kita sebagai pihak yang peduli terhadap pendidikan anak-anak, memberikan semangat kepada mereka untuk lebih giat bersekolah dan belajar,” tutup Don Rena.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Musa S. Benu, SH., yang ditemui media ini diruang kerjanya mengatakan bahwa, “tentang bangunan SD Negeri Usapitoko yang rubuh akibat bencana Siklon Tropis Seroja pada April 2021 lalu itu, kami sudah mendapat laporan dari kepala sekolah dan pihak Dinas P dan K pun sudah berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk memperbaikinya,” ucap Musa.

Lanjutnya, “namun kepala sekolahnya mendatangi Dinas dan melaporkan bahwa tindak lanjut tentang bangunan SDN Usapitoko yang rubuh akibat bencana Siklon Tropis Seroja sudah diintervensi dari Polres TTS guna diperbaiki gedung sekolah tersebut. Akan tetapi, bisa juga diatasi menggunakan dana sekolah yang diperuntukan untuk rehabilitasi bangunan sekolah,” jelas Musa.

Saat ditanya mengenai bangunan sekolah yang memprihatinkan, Musa mengatakan bahwa bukan hanya bangunan SD Negeri Usapitoko yang memprihatinkan, tetapi ada sejumlah sekolah Negeri yang baru terbentuk beberapa tahun terakhir ini, bangunannya sangat memprihatinkan sehingga pihaknya berharap agar kedepan bisa menjadi perhatian pemerintah.

Musa juga menambahkan bahwa, “pembangunan gedung sekolah saat ini hanya bisa berharap dari DAK, dan tahun ini sekolah yang mendapatkan alokasi DAK untuk SD ada 9 paket, TK 9 paket dan SMP cuman 3 paket sehingga totalnya ada 21 bangunan sekolah yang mendapat alokasi anggaran dari dana DAK tahun ini, sedangkan untuk SD Negeri Usapitoko tidak sempat diusulkan tahun ini, namun kami akan usulkan pada tahun 2024 nanti,” jelas Musa.

“Sementara pihak dinas akan segera turun ke sekolah untuk berkoordinasi dengan kepala sekolah dan masyarakat setempat agar sambil menunggu bantuan pemerintah, maka sementara waktu kita swadaya untuk membangun 3 ruang kelas lagi agar bisa dimanfaatkan oleh siswa/i SD Negeri Usapitoko,” tutup Benu. (*)

Berita Terkait

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno
Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana
Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP
Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal
Tanggap Terhadap Wilayah Terdampak Kekeringan, BPBD TTS Salurkan Air Bersih
Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC
Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi
Hadiri Hari Bhakti PU, Bupati TTS Tegaskan ASN Harus Netral Pada Pemilu 2024

Berita Terkait

Rabu, 20 Maret 2024 - 13:36 WITA

IDRIP NTT Gelar Rakor Triwulan I Tahun 2024 Tingkat Provinsi

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Jumat, 3 November 2023 - 21:07 WITA

Diprediksi Bertahan Hingga Februari 2024, BMKG Ungkap Dampak El Nino

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA