Home / NTT

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

- Redaksi

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Editor : Yan Faot Dibaca 38 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

NTT, Salamtimor.com — Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Kota Kupang, Rabu (06/12/2023), Presiden RI Joko Widodo juga berkesempatan meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng Kupang yang terletak di Kelurahan Manutapen, Kecamatan Alak.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri PUPR RI didamping Menteri PUPR RI Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC dan Penjabat Walikota Kupang Fahrensy P. Funay, SE, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo meminta agar dengan diresmikannya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng dapat digunakan sebaik-baiknya dan dapat disambungkan ke rumah warga di Kota Kupang karena dari target 15.000 sambungan baru terpakai kurang lebih 3.000 sambungan rumah tangga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Di NTT, di musim kemarau, selalu air menjadi persoalan besar, baik untuk kepentingan Rumah Tangga maupun untuk kepentingan pertanian. Hari ini kita akan membuka SPAM atau Sistem Penyediaan Air Minum Kali Dendeng di Kota Kupang. Ini akan bisa dipakai untuk 15.000 sambungan Rumah Tangga, tetapi baru terpakai kurang lebih 3.000 sambungan Rumah Tangga, artinya masih ada sisa yang sangat besar sekali”, Ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga meminta Menteri PUPR untuk membantu Pemerintah Nusa Tenggara Timur untuk meningkatkan dan menyelesaikan sambungan rumah tangga yang belum dikerjakan.

“Saya minta ke Pak Menteri PU agar sambungan ke Rumah Tangga ini segera dibantu dari pemerintah pusat untuk segera diselesaikan. Harusnya ini tanggung jawab daerah, tanggung jawab kota, tanggung jawab provinsi dan tanggung jawab PDAM, tetapi untuk NTT ini akan kita bantu dari pemerintah pusat. Untuk Kupang akan kita bantu dari pemerintah pusat”, Tambah Presiden Jokowi.

Adapun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng ini dibangun sejak 2020 dengan alokasi anggaran sebesar 173 miliyar rupiah. Untuk itu Presiden Jokowi sungguh berharap agar SPAM Kali Dendeng ini dapat mengatasi permasalahan air khususnya air minum di Kota Kupang.

“Ini dibangun sejak tahun 2020 dan menghabiskan anggaran 173 Miliyar rupiah, sehingga ini akan memberikan kepastian bahwa untuk urusan air utamanya air minum di Kota Kupang dan sekitarnya bisa disuplai dari SPAM Kali Dendeng”, ungkap Presiden RI.

Mengakhiri sambutan singkatnya, Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan terkait dengan bidang pertanian, dimana terdapat 7 (tujuh) waduk yang sudah selesai dan akan segera selesai dibangun di tahun 2024.

“Yang kedua juga yang berkaitan dengan pertanian, ada 7 waduk yang sudah selesai dibangun dan akan segera selesai pada tahun 2024 nantinya. Ini juga akan memberikan efek luar yang biasa pada produktifitas pertanian sawah yang ada di NTT”, tutup Presiden Jokowi.

Peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng Kupang ditandai dengan Penekanan Tombol Sirine secara bersama-sama oleh Presiden Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake dan Penjabat Walikota Kupang Fahrensy P. Funay dan juga Penandatanganan Prasasti oleh Presiden Presiden Jokowi.

Sumber Berita : Salamtimor.com

Berita Terkait

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV
Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap
IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor
Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah
IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III
Peringati Bulan Bahasa 2023, UCB Gandeng UNDANA Kupang Gelar Seminar International Linguistik Terapan
Kembalikan Jam Sekolah Menjadi Pukul 07.00 Wita, Pj Gubernur NTT Tinjau Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Kupang
Jadi Irup Pada Upacara Peringatan Harhubnas dan Apel Kesadaran ASN Lingkup Pemprov NTT, Ini Pesan Pj. Gubernur NTT

Berita Terkait

Sabtu, 3 Februari 2024 - 22:58 WITA

Syukuran Tahunan, IPPAT dan INI Berbagi Kasih Kepada Anak-Anak Stunting di Desa Kesetnana

Selasa, 19 Desember 2023 - 11:12 WITA

Lantik 12 Pejabat Eselon II, Bupati TTS: Kita Harus Pertahankan Opini WTP

Minggu, 10 Desember 2023 - 23:03 WITA

Bupati TTS Hadiri Kegiatan Sosialisasi Transparansi PBJ Satuan Pendidikan dan Onboarding UMKM Lokal

Kamis, 7 Desember 2023 - 09:21 WITA

Pemkab TTS Raih Predikat B Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Setelah Sepuluh Tahun Memperoleh Nilai CC

Selasa, 5 Desember 2023 - 23:52 WITA

Kepsek SMPN Nefotes: YASPENSI Beri Warna Tersendiri Dalam Pendampingan Literasi

Selasa, 5 Desember 2023 - 16:53 WITA

Hadiri Hari Bhakti PU, Bupati TTS Tegaskan ASN Harus Netral Pada Pemilu 2024

Sabtu, 2 Desember 2023 - 23:34 WITA

Upah Masyarakat Pekerja Jalan Rabat Belum Dibayarkan, Ini Penjelasan Kepala Desa Hoi

Rabu, 29 November 2023 - 17:29 WITA

Gigitan HPR di Kabupaten TTS Capai 2.132 Kasus, 11 Orang Meninggal Dunia

Berita Terbaru