Kolaborasi Porkopincam Lobalain Sukses Gelar Operasi Timbang 2023

- Redaksi

Kamis, 23 Februari 2023 - 12:14 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 50 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rote Ndao, Salamtimor.com — Gelaran kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan khususnya untuk ibu hamil (Bumil) dan anak di bawah lima tahun (Balita) di wilayah Kecamatan Lobalain menyasar ratusan ibu-ibu hamil serta ribuan balita lewat kegiatan Operasi Timbang 2023.

Kepala Puskesmas Ba’a, drg. Gevilawati Pandie saat dihubungi oleh media ini pada Rabu, (22/02/2023) menjelaskan bahwa, “kegiatan Operasi Timbang ini dilaksanakan mulai dari tanggal 3 hingga 20 Februari 2023 di setiap Posyandu dalam wilayah Kecamatan Lobalain,” kata Gevilawati.

Lanjutnya, “Selama kegiatan, jumlah ibu hamil yang diberikan pelayanan kesehatan/diperiksa sebanyak 266 ibu hamil. Jumlah Balita yang diberikan pelayanan kesehatan sebanyak 2.542 orang dengan jenis pelayanan kesehatan yang berupa pengukuran dan penimbangan BB/TB, pemberian Vit. A, imunisasi, dan pemeriksaan ibu hamil (Bumil),” jelas Gevilawati.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kami melibatkan 8 orang tenaga gizi serta bidan dan perawat di 18 desa/kelurahan se-Kecamatan Lobalain. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengecek dan mengontrol kesehatan ibu hamil dan balita, sehingga bila ditemukan keluhan maka kami langsung melakukan tindakan untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk bagi ibu hamil dan balita khususnya dalam upaya mencegah stunting dan mengurangi resiko kematian ibu dan anak saat melahirkan,” tulis Gevilawati.

Gevilawati juga berterimakasih kepada pihak Kecamatan Lobalain, Aparat Desa/Kelurahan dan Polsek Lobalain yang sudah mendukung kegiatan ini hingga membantu menjemput sasaran ataupun ikut mendampingi petugas kesehatan untuk mendatangi langsung ke rumah-rumah sasaran.

“Kepedulian kita bersama sangat dibutuhkan terutama untuk memberikan edukasi positif kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan terutama untuk ibu hamil dan balita,” tutup Gevilawati.

Camat Lobalain, Nusry E. Zacharias, SE., saat dikonfirmasi menerangkan bahwa kegiatan Operasi Timbang ini merupakan program pemerintah untuk mencegah stunting dan kematian ibu dan anak saat melahirkan.

“Kami Porkopincam Lobalain sebelumnya mengadakan rapat bersama dan sepakat berkomitmen untuk mensukseskan kegiatan Operasi Timbang 2023 khususnya diwilayah Kecamatan Lobalain. Dan puji Tuhan, semuanya berjalan lancar,” kata Nusry.

Lanjutnya, “Kami juga berterima kasih kepada Puskesmas Ba’a sebagai pelaksana langsung dalam pelayanan kesehatan, serta pihak Polsek Lobalain dan Koramil 1627-01 Ba’a serta seluruh Aparat Desa/Kelurahan se-Kecamatan Lobalain atas dukungan dan kerjasamanya sehingga kegiatan Operasi Timbang dapat berjalan maksimal,” ungkap Nusry.

Tak dapat dipungkiri, kolaborasi Porkopincam Lobalain dalam berbagai kegiatan menjadi warna tersendiri di Kabupaten Rote Ndao. Jalinan komunikasi dan kerjasama terbangun apik dan unik dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan tentunya saling melengkapi sesuai bidang tugasnya masing-masing.

“Kami Polsek Lobalain mendukung kegiatan Operasi Timbang 2023 sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan serta keberlangsungan generasi penerus bangsa. Kami hadir dalam kegiatan Operasi Timbang yang digelar di setiap Posyandu, selain memberikan rasa aman nyaman, kami juga membantu memberikan edukasi serta tak segan-segan menjemput dan mendatangi langsung sasaran kerumah-rumah bersama Nakes Puskesmas Ba’a,” ungkap Kapolsek Lobalain, Ipda I Gede Putu Parwata, S.H.

Lanjut Parwata, “Ini kami lakukan sebagai langkah untuk memaksimalkan kegiatan Operasi Timbang ini demi kesehatan bersama khususnya para ibu hamil dan balita,” tegasnya.

Kapolsek Lobalain juga mengucapkan limpah terima kasih kepada pihak Puskesmas Ba’a, dan semua stakeholder di wilayah Lobalain yang sudah mendukung kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengam baik, lancar, dan aman.

“Secara pribadi, saya selaku Kapolsek Lobalain menyampaikan terimakasih kepada seluruh Personil DOBRAK atas dedikasinya dalam pelaksanaan tugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutup I Gede Putu Parwata. (Red. STC)

Berita Terkait

Posko Relawan Flobamorata For Ganjar-Mahfud Kabupaten Rote Ndao Resmi Terbentuk
Meriahkan Festival Tunas Bahasa Ibu: DOBRAK Pintar Sajikan Koleksi Buku-Buku Bacaan
Kemenag Rote Ndao Laksanakan Pembinaan Iman Katolik Bagi Para Siswa SMKN Pantai Baru
SMKN Pantai Baru Gelar Syukuran Setelah Umumkan Kelulusan 100 Persen
Pemuda GMIT Syalom Mokdale Sambut Paskah Dengan Menggelar Malam Puji-Pujian
Buka Musrenbang Kabupaten Rote Ndao, Bupati Paulina Beri Apresiasi Semua Pihak
SMKN Pantai Baru Laksanakan UKK, Diikuti Oleh 20 Orang Peserta
Hadiri Acara Papadak, Bupati Paulina Apresiasi Para Pesawah Dalam Melestarikan Tradisi Leluhur

Berita Terkait

Rabu, 20 Maret 2024 - 13:36 WITA

IDRIP NTT Gelar Rakor Triwulan I Tahun 2024 Tingkat Provinsi

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Jumat, 3 November 2023 - 21:07 WITA

Diprediksi Bertahan Hingga Februari 2024, BMKG Ungkap Dampak El Nino

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA