Gubernur VBL Tegaskan Petugas Harus Kuasai Data dan Informasi Saat Tinjau Samsat Kabupaten Malaka

- Redaksi

Rabu, 5 Juli 2023 - 23:27 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 4 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Malaka, Salamtimor.com — Rangkaian kunjungan kerja hari kedua Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat di daratan Timor berlanjut di Kabupaten Malaka, pada Rabu (5/7/2023).

Sama seperti pada hari pertama di Kabupaten Belu, agenda pertama kunjungan kerja Gubernur Viktor Laiskodat di Kabupaten Malaka yakni meninjau UPTD Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Malaka.

Turut mendampingi Gubernur NTT, Sekretaris Daerah Kabupaten Malaka Ferdinand Un Muti, Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho, Kepala Bapenda Prov. NTT Alexon Lumba, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. NTT Lecky Koli, Kadis PUPR Prov. NTT Maksi Nenabu, Kadis LHK Prov. NTT Ondi Siagian, Kadis Sosial Prov. NTT Yosef Rasi, Kepala Biro. Adm. Pimpinan Prov. NTT Prisila Parera.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain Kepala UPTD Pendapatan Daerah Provinsi NTT Wilayah Kabupaten Malaka Clara M. F. Bano, hadir pula Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Kab. Malaka Maria Yovita Seran.

Usai meninjau proses pelayanan dan mengecek fasilitas di Kantor Samsat Kabupaten Malaka, Gubernur pun menyimak secara singkat paparan program kerja, pencapaian, dan kendala-kendala dari kedua Kepala UPTD tersebut.

Setelah itu Gubernur dalam arahannya menginginkan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan petugas UPTD lainnya untuk dapat memiliki dan menguasai data serta informasi di era milenial seperti saat ini.

“Dunia di era sekarang ini, tidak bisa kalian kerja dengan cara-cara yang biasa saja. Tidak bisa kerja dengan cara manual lagi. Jangan pakai pola kerja zaman dahulu diadopsi sampai sekarang. Selain kerja kolaboratif, kalian juga harus kuasai data dan informasi. Karena yang paling mahal di dunia saat ini adalah data dan informasi yang kita kuasai,” tegas Gubernur Viktor dihadapan para petugas UPTD yang hadir pada acara tersebut.

Khusus untuk UPTD Pendapatan, Gubernur meminta agar mulai sekarang, petugas UPTD tersebut untuk bisa mendata secara detail masyarakat selaku wajib pajak.

“Desain formulir dan sistem khusus yang lebih komplit untuk perkaya data dari setiap wajib pajak agar bisa menjadi database yang sangat berharga. Karena dari pendataan ini petugas bisa mengetahui secara detail tentang kebutuhan, pekerjaan dan latar belakang masyarakat sebagai wajib pajak,” imbuh Viktor Laiskodat.

“Kenapa hal ini Penting ?. Ini dilakukan agar kalau masyarakat terlambat dalam membayar pajak, kita bisa tahu akar permasalahannya apa ?, kendalanya dimana ?, kenapa dia bisa sampai lalai ?, atau memang sengaja tidak mau bayar pajak. Sehingga bisa dianalisis supaya kedepannya bisa diminimalisir permasalahan-permasalahan yang bisa membuat macet seperti ini.” Tambahnya.

Lebih lanjut Gubernur menjelaskan dengan pengelolaan data dan informasi yang baik maka fokus dalam perencanaan penyusunan program pembangunan untuk masyarakat dapat lebih terarah serta tepat sasaran.

“Mulai sekarang jangan hanya memandang data itu sebuah angka dan huruf semata, tapi harus bisa dengan cerdas memahaminya. Agar melalui sektor yang kalian kerjakan, kalian juga bisa menyumbang kontribusi penyelesaian permasalahan kemiskinan didaerah ini,” pungkas Gubernur.

“Sekali lagi tetap semangat dalam bekerja. Kolaborasi lintas sektor harus jalan terus, jangan berhenti baik itu UPTD Pendapatan dan UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan. Karena pada akhirnya apa yang kalian lakukan bukan kalian pertangjawabkan kepada Gubernur, melainkan tanggungjawab moril kalian kepada kepentingan masyarakat banyak.” Tutupnya.

Untuk diketahui bahwa target PKB Tahun 2023 Kabupaten Malaka yang disampaikan langsung oleh Kepala UPTD Pendapatan Daerah Provinsi NTT Wilayah Kabupaten Malaka, Clara M. F. Bano ditargetkan sebesar Rp. 21.375.624.340 dengan realisasi sampai saat ini mencapai Rp. 7.354.743.365 atau secara presentase 34,41%. Dan jumlah potensi kendaraan 20.705 unit serta jumlah objek tunggakan 5.102 unit dengan nominal Rp.2.822.830.048. (*)

Sumber: Siaran Pers Biro Adm. Pimpinan Setda. Prov. NTT

Berita Terkait

Bupati Malaka Lantik 63 Penjabat Kepala Desa, Ini Daftar Nama-Namanya
Advokat Yosua: Terdakwa Pembunuhan Raja Malaka Alami Penyakit Epilepsi
Bupati Simon Nahak: Audit 100 Hari Kerja Bukan Balas Dendam Politik
Bupati Simon Nahak: 56 Kades Telah Kembalikan Uang Hasil Temuan IRDA ke Kas Daerah
YPKM da KaSoGi Salurkan 110 Paket Sembako dan Uang Tunai Untuk Warga Terdampak Siklon Tropis Seroja Di Kaku’un, Desa Nauke Kusa – Kabupaten Malaka
LANJUTKAN AKSI KEMANUSIAAN, YPKM DAN KASOGI DISTRIBUSI 250 PAKET SEMBAKO DAN ALAT-ALAT DAPUR BAGI KORBAN BANJIR DI MALAKA BARAT
Polres Malaka Segera Panggil Tiga Pelaku Diduga Pengeroyok Wartawan Malaka

Berita Terkait

Rabu, 20 Maret 2024 - 13:36 WITA

IDRIP NTT Gelar Rakor Triwulan I Tahun 2024 Tingkat Provinsi

Jumat, 22 Desember 2023 - 01:30 WITA

Evaluasi Pelaksanaan Program, IDRIP Provinsi NTT Gelar Rakor Triwulan IV

Kamis, 7 Desember 2023 - 13:12 WITA

Dibangun Sejak Tahun 2020 Dengan Anggaran Rp. 173 Miliar, SPAM Kali Dendeng Kupang Diresmikan Presiden Jokowi

Kamis, 7 Desember 2023 - 10:40 WITA

Diresmikan Presiden Jokowi, RS dr. Ben Mboi Kupang Miliki Fasilitas Canggih dan Cukup Lengkap

Kamis, 23 November 2023 - 20:32 WITA

IDRIP Wilayah II NTT Bangun Ketangguhan Masyarakat Melalui Program DESTANA di Manggarai Barat dan Alor

Minggu, 19 November 2023 - 13:13 WITA

Kemenkes Terapkan Inovasi Wolbachia Atasi Penyakit Demam Berdarah

Jumat, 3 November 2023 - 21:07 WITA

Diprediksi Bertahan Hingga Februari 2024, BMKG Ungkap Dampak El Nino

Rabu, 1 November 2023 - 07:19 WITA

IDRIP Provinsi NTT Kembali Gelar Rakor Triwulan III

Berita Terbaru

TTS

Mahasiswa IPS Gelar Survey Pangan di Desa Bikekneno

Jumat, 5 Apr 2024 - 20:46 WITA