Lurah Alak Bersama Mahasiswa PKL UKAW Bersihkan Sampah di Kawasan Wisata Gua Monyet

  • Whatsapp
Lurah Alak, Marice Lasbaun, SE. (Foto: ST/Ot)

Kota Kupang, Salamtimor.com — Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dalam mewujudkan hal tersebut, Lurah Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang, bersama mahasiswa PKL dari UKAW Kupang membersihkan sampah dan kotoran yang bertebaran disepanjang jalan pada Jumat, 17/6/2022.

Pembersihan ini juga bagian dari Jumat bersih. Mengingat Kelurahan Alak sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai tempat karena ada taman Wisata Gua Monyet yang terletak di Jln. M. Praja, sekaligus bersebelahan langsung dengan dermaga laut pelabuhan Tenau.

Pantauan media ini (Jum’at, 17/6/2022) Pukul 08:00 Wita, Lurah Alak, didampingi sejumlah mahasiswa PKL antusias memungut berbagai jenis sampah plastik yang bertebaran untuk di kemas kedalam tempat yang tersedia agar di buang ke tempat pembakaran sampah.

Lurah Alak, Marice Lasbaun, SE., yang di temui media ini mengatakan bahwa, “gerakan Jum’at bersih bukan saja dilakukan pada hari Jum’at. Namun kami juga terus membersihkan jika ada waktu selain hari Jum’at mengingat Taman Wisata Gua Monyet ini adalah Kawasan Wisata yang mestinya tetap bersih dan asri serta bebas sampah,” kata Marice.

Tampak sejumlah Mahasiswa PKL dari UKAW Kupang mengumpulkan sampah yang dipungut di kawasan Taman Wisata Gua Monyet.

Lanjutnya, “Kegiatan Jum’at bersih ini juga sesuai surat edaran Walikota Kupang yang terus mendorong agar kegiatan Jum’at bersih tetap di laksanakan di setiap lingkungan masing-masing Kelurahan. Tujuan dari gerakan Jum’at bersih agar ekosistem yang berada di kawasan Gua Monyet ini tetap terlestarikan,” ujar Marice.

Lurah Alak ini juga berharap agar kedepan pemerintah lebih serius memperhatikan Kawasan Wisata Gua Monyet sehingga lebih tertata dengan baik dan indah agar pengunjung lebih tertarik untuk datang ke Taman Wisata Gua Monyet. Dengan demikian maka ekonomi masyarakat sekitar kawasan tersebut akan bertumbuh lebih baik lagi.

Selvi (20), peserta PKL dari Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, yang ikut dalam gerakan Jumat bersih mengatakan bahwa, “Kawasan Wisata Taman Rekreasi Gua Monyet ini sangat kotor dan banyak sampah plastik. Diharapkan agar kedepan pengunjung yang datang ke taman Wisata Gua Monyet atau yang lewat di kawasan ini agar jangan lagi membuang sampah disembarang tempat,” pesan Selvi.

Penulis: Ot Seo

Pos terkait