Mimika Raih Penghargaan Smart Governance dari Menkominfo

  • Whatsapp

MIMIKA, SALAMTIMOR.COM — Kabupaten Mimika menerima penghargaan Kategori Dimensi Smart Governance dalam Indonesia Smart City Conference dengan tema: Gerakan Menuju Smart City 2021, di Jakarta Selasa (14/12/2021).

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob menerima penghargaan itu langsung dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, bersama sejumlah kepala daerah lainnya di Indonesia.

Kepada awak media, Wakil Bupati Johannes Rettob mengungkapkan bahwa di Kabupaten Mimika, pihaknya sudah menerapkan layanan terobosan di antaranya dalam bidang pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.

Warga sudah tidak perlu bersusah-susah datang ke kantor dinas Dukcapil dan antri berlama-lama, hanya perlu menggunakan layanan Orlando (Operator Layanan Administrasi Online) via aplikasi WhatsApp di nomor yang disediakan pemerintah.

“Masyarakat tidak harus datang ke kantor (Dinas Dukcapil) tapi bisa melalui online. Setelah kartunya jadi, kita bisa kirim sampai ke rumahnya tanpa biaya satu rupiahpun.” ujar Rettob

Lanjut Rettobo, “Hanya dalam waktu paling banyak 24 jam mereka sudah terima. Tidak perlu datang antri, daftar saja lewat online. Print langsung di rumah, aslinya kita kirim sesudahnya,” ujarnya.

Tak berpuas diri di pencapaian kategori ini, kata Rettob, Pemkab Mimika bertekad terus meningkatkan kinerja sehingga bisa merebut penghargaan kategori dimensi lainnya, di antaranya ada Smart Economy, Smart Environment, Smart Society, Smart Branding, Smart Living yang diincar untuk tahun berikutnya.

“Kalau kategori Smart Governance kita sudah dapat dua kali. Nanti kita akan coba di smart society dan smart environment, untuk tahun depan,” harapnya.

Kabupaten Mimika yang termasuk dalam 100 smart city yang sedang terus berkembang, ungkap Wabup Rettob, berharap pelayanan pemerintah harus terus ditingkatkan sehingga kebutuhan warga terlayani dengan baik.

“Program Smart City ini’kan untuk layanan kepada masyarakat yang efisien dan efektif, cepat, mudah dan tanpa biaya. Kita harus melayani masyarakat seperti itu, di semua bidang,” tandasnya. (**Tim ST/FK)

Pos terkait