Sertijab Sekretaris DPRD Kabupaten Mimika, Ini Kata Ananias Faot

  • Whatsapp
Foto bersama Sekwan lama dan Sekwan baru Kabupaten Mimika usai acara Sertijab.

Mimika, Salamtimor.com – Serah Terima Jabatan (Sertijab) Sekretaris DPRD Kabupaten Mimika dari pejabat lama, Drs. Ananias Faot, M.Si ke pejabat baru, Gad Tebay, AP, dilaksanakan pada Senin, 13/6/2022 bertempat diruang serbaguna DPRD.

Mantan Sekwan, Drs. Ananias Faot, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf apabila dalam bertugas selama dua tahun di Sekretariat DPRD ada hal-hal yang dibuat tidak berkenan dihati rekan-rekan tim kerja.

Ananias juga menuturkan bahwa jabatan Sekwan merupakan pengalaman tersendiri dan tentu menjadi sejarah pengabdian bagi dirinya sebagai seorang ASN. Ini juga bagian dari loyalitas kepada pimpinan dimana pimpinan memilih dan menempatkan untuk memimpin suatu OPD.

Mutasi, kata Ananias, merupakaan hal yang biasa dalam tata kelola pemerintahan. Ini juga sebagai bentuk penyegaran. Kepada para pejabat dan pegawai di lingkungan Setwan untuk mendukung pejabat yang baru dalam melaksanakan tugas-tugas ke depan.

Ananias juga menyampaikan bahwa usai Sertijab, dirinya akan langsung berkantor di Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Mimika. Dirinya mengaku diberi tanggungjawab untuk mengurus semua pegawai se-kabupaten Mimika.

“Jika ada pegawai yang mau mengurus segala kebutuhan berkaitan dengan Kepegawaian, jangan sungkan-sungkan menelepon saya. Terlebih honorer-honorer tidak perlu ragu untuk menelepon atau bertemu saya untuk urusan dokumen kepegawaian,” kata Ananias

Ananias meminta para pegawai untuk mendukung Sekwan yang baru. “Beliau bukan orang baru di DPRD, karena beliau orang lama dan sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Kabag Humas Setwan yang kemudian Humas dilebur menjadi sub bagian di Bagian Persidangan, “jelas Ananias

Sekwan Baru, Gad Tebay, AP mengatakan tugas di DPRD memang berat, tapi harus dikerjakan sama-sama. Untuk itu dirinya butuh suport dari pejabat eselon 3 dan eselon 4 serta semua pegawai.

Kerja sama yang terbilang baik akan meringankan pekerjaan yang terbilang berat sekalipun.  Selain itu, dirinya berterima kasih kepada mantan Sekwan, dan jika ada sesuatu dirinya akan berkonsultasi soal pekerjaan-pekerjaan di Sekretariat DPRD.

“Terima kasih kepada bapak Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan yang juga mantan Sekwan periode lalu. Terima kasih juga bapak Mantan Sekwan yang menata dan mengubah wajah Setwan selama dua tahun ini. Ini prestasi dan saya akan tingkatkan dan lanjutkan,” kata Gad.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Paulus Dumais, SPD MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa, “dalam menjalankan pemerintahan tentu ada empat hubungan antara lain hubungan dengan Tuhan yang wajib dan mutlak baik oleh manusia maupun pemerintah.”

“Kedua, hubungan keluarga antara orang tua dan anak, saudara, Om tanta, dimana hubungan sedarah atau hubungan saudara.”

“Ketiga, hubungan sosial dimana antara manusia dengan lingkungan, tetangga, lingkungan kerja, harus dijaga baik sehingga tidak terjadi masalah. Hubungan sosial ini harus ditingkatkan dam dijaga baik oleh setiap orang.”

“Keempat, hubungan birokrasi pemerintahan. Hubungan ini agak renggang dan longgar, dimana seseorang bisa berada dimana saja, di OPD mana saja. Jika pimpinan berkeinginan apalagi didukung dengan aturan bisa bertugas keliling OPD.”

“Namun dalam hubungan birokrasi ini harus tetap menjaga hubungan sosial karena jika hubungan sosial baik, maka hubungan birokrasi akan lebih bagus. Dengan kata lain dalam UU Kepegawaian itu tertera bahwa ASN siap bertugas dan bekerja dimana saja di seluruh wilayah  Indonesia,” tutup Paulus

Akhir acara Sertijab dilanjutkan dengan  foto bersama dan makan siang bersama semua pegawai di lingkungan Setwan Mimika. (*)

Pos terkait