Sertijab Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Mimika, Ini Pesan Pejabat Baru dan Lama

  • Whatsapp
Penandatanganan Berita Acara Sertijab oleh Kepala Badan Kepegawaian & PSDM Kabupaten Mimika yang baru, Drs. Ananias Faot, M.Si disaksikan oleh pejabat lama, Hermalina W. Imbiri.

Mimika, Salamtimor.com — Acara serah terima jabatan (Sertijab) di lingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) kabupaten Mimika, propinsi Papua dari pejabat lama, Hermalina W. Imbiri kepada pejabat baru Drs. Ananias Faot, M.Si dilaksanakan pada Jumat, (10/6/2022) pukul 13.00 WIT diruang pertemuan Badan Kepegawaian dan PSDM.

Acara Sertijab tersebut berlangsung secara sederhana dan penuh kekeluargaan serta dihadiri oleh para Kepala Bidang (Kabid), Kepala Sub Bidang (Kasubdit), dan pegawai dilingkup kantor Dinas PSDM kabupaten Mimika.

Sertijab ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan antara kepala yang lama ke kepala yang baru. Lalu dari kabid yang lama ke Kabid yang baru, dan juga dari Kasubdit yang lama ke Kasubdit yang baru.

Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Mimika yang baru, Drs. Ananias Faot, M.Si dalam sambutannya mengajak para pejabat dan pegawai di lingkungan Kepegawaian dan PSDM Mimika untuk meningkatkan kinerja.

“Apa yang telah dibuat Kepala Badan yang lama sudah bagus, sehingga saat ini dimasa kepempinanan kita harus ditingkatkan agar lebih bagus lagi. Sebelumnya Badan Kepegawaian dan PSDM kabupaten Mimika sudah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat. Ini menjadi dasar yang baik untuk memotivasi kita menjadi lebih baik ke depan,” kata Ananias.

“Saat ini, kata Ananias, Mimika jadi pilot projek dalam hal pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara. Oleh karena itu, para Kabid, Kasubdit dan staf harus dukung dan sukseskan program ini,” pinta Ananias.

Ananias juga menceritakan, satu minggu terakhir ini bersama Anggota DPRD ke Jayapura, dan sempat berkoordinasi dengan BKN Papua. Ada banyak hal yang didiskusikan terkait Kepegawaian di Kabupaten Mimika. Setelah dirinya rutin berkantor, maka koordinasi dan konsultasi ini akan terus ditingkatkan.

Ananias juga menceritakan awal karier bertugas sebagai seorang ASN. Saat dirinya lulus dari STPDN, ia kemudian bekerja di Pemkab Jayawijaya. Lalu dipindahkan ke salah satu distrik di Pegunungan Bintang. Kemudian kembali pindah ke Fak-fak selama 8 tahun. Kemudian pindah lagi ke Timika dengan bertugas di sejumlah Distrik, dan terakhir di Distrik Mimika Baru. Kemudian dilantik menjadi Sekretaris DPRD hingga sekarang dipindahkan ke Badan Kepegawaian dan PSDM Mimika.

“Saya minta dukungan semua supaya tugas berat ini bisa berjalan dengan baik. Sekretaris, Kabid, dan Kasubdit sudah berpengalaman dan mahir dalam tugas-tugas ini. Mari kita sukseskan bersama program kerja ke depan terutama pilot projek yang diserahkan Pemerintah Pusat dan Provinsi ke Kabupaten Mimika. Mari kita buat lompatan perubahaan di bidang tugas kita dengan terus berinovasi sesuai perkembangan tehnologi yang terus maju,” pinta Ananias.

Sementara itu, mantan Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Mimika yang lama, Hermalina W. Imbiri mengatakan pergantian pejabat itu hal yang biasa dilakukan agar ada penyegaran di semua unit kerja. Sebagai pegawai harus menerima itu dan harus bersatu dalam tugas dengan membuat perubahan-perubahan.

Untuk Itu, Imbiri meminta para pegawai untuk bekerja dengan loyal, bekerja penuh dedikasi buat daerah terlebih dalam tugas-tugas mengembangkan mutu dan kualitas para pegawai di lingkungan Pemkab Mimika.

Dia menceritakan sejak dirinya memimpin Badan Kepegawaian dan PSDM sudah dua kali mendapat penghargaan dari BKN Pusat. Keberhasilan ini karena kerja keras semua pegawai yang ada di Badan Kepegawaian dan juga dukungan dari Pimpinan Daerah.

Imbiri meminta para pejabat dan pegawai di lingkungan kerja ini harus mendukung penuh pimpinan baru ini. “Beliau (Pak Ananias) bukan orang baru di Pemkab Mimika. Mari semua dukung beliau, tingkatkan semangat dan kerjasama yang baik untuk terus berprestasi kedepan,” harap Imbiri.

Dia menutup sambutannya dengan menceritakan soal waktu yakni waktu yang lalu dan waktu yang akan datang. Sesuatu yang terjadi di waktu lampau jadi pelajaran dan jangan di ingat lagi itu, dan semua harus berpacu untuk meraih masa depan yang penuh mimpi dan harapan ini.

Diakhir Sertijab dilanjutkan dengan sesi foto bersama para pejabat dan staf dilingkup Dinas Badan Kepegawaian dan PSDM Mimika. (*)

Pos terkait